Menghabiskan penghujung minggu di Puncak masih menjadi pilihan warga Jabodetabek. Selain karena udaranya yang sejuk, Puncak masih terhitung tempat yang gampang diraih, tidak (terlalu) jauh, dan menawarkan beberapa tujuan wisata yang cukup beragam.

Ada beberapa tempat umum yang menjadi destinasi favorit jalan-jalan keluarga yaitu Cibodas Botanical Gardens, Taman Safari, Taman Bunga Nusantara, dan Istana Kepresidenan Cipanas. Selain itu banyak juga warung atau resto berukuran kecil yang bisa kita kunjungi seraya menikmati bubur khas Sukabumi, jagung bakar atau jagung rebus, bakso, mie instan, sate, minuman hangat, serta jajanan ringan lainnya. Deretan warung-warung atau rumah makan kecil sepanjang jalur mendaki menuju Puncak inilah yang siap menyambut para wisatawan merasakan segarnya udara pegunungan dengan bonus pemandangan hamparan kebun teh yang terbentang hijau.

Atau ingin makan-makan bersama keluarga di tempat yang lebih luas dengan sajian pemandangan istimewa juga bisa. Pilihan tempat-tempat kesukaan yang sarat pengunjung adalah Roofpark (FO dan Resto), Cimory, Resto Rindu Alam, Bumi Aki, Sate PSK, Merlimba Garden, dan lain lain. Tempat-tempat seperti ini hampir semua penuh sesak oleh pengunjung saat akhir pekan tiba.

Baca juga: CIMORY RIVERSIDE. Tempat Ngaso Serba Ada di Puncak, Bogor

Taman teratai di depan villa Manado

Tak hanya bertaburan destinasi wisata, Puncak pun juga dibanjiri oleh tempat menginap dengan kualitas yang juga beragam. Mulai dari hostel, villa, juga hotel dengan berbagai taraf bintang. Semua menyajikan kenyamanan dan kelebihan sesuai lokasi dan jenama yang membawa nama besar jaringan mereka.

Setelah beberapa kali berkeliling Puncak, Cipanas, dan sekitarnya, beberapa poin penting dari sekian banyak hal yang patut dipertimbangkan jika memutuskan berlibur dan menginap ke Puncak adalah lokasi strategis, akses yang memudahkan, dan fasilitas umum yang menyertainya. Derasnya arus lalu lintas dan volume kendaraan yang mengiringi wajib juga menjadi pertimbangan bagi kita untuk menentukan dimana kita akan menginap. Kondisi jalan/jalur ke dan dari Puncak yang seringkali mengalami kemacetan, sebisa mungkin tidak menjadi halangan untuk bisa menikmati liburan. Keluarga tetap enjoy dengan waktu-waktu berlibur meski tanpa harus naik/membawa kendaraan pribadi.

Beberapa poin penting di atas sepertinya sudah menjadi nilai lebih dari Hotel Ayola Hoci Cipanas (Ayola Hoci). Rebranding dari nama terdahulu yaitu Hotel Cianjur, di bawah manajemen Topotels, Ayola Hoci yang berada sekitar 300 meter dari Istana Kepresidenan Cipanas ini menawarkan berbagai fasilitas dan menghadirkan rangkaian waktu-waktu berlibur yang berharga untuk keluarga.

Tampak depan Ayola Hoci dilihat dari jalan besar (Jl. Raya Cipanas)

Jika kita datang dari arah Jakarta/tol Jagorawi, melewati pasar tradisional Cipanas dan Istana Kepresidenan Cipanas, Ayola Hoci akan langsung terlihat di sisi kiri jalan. Tampak depan hotel terlihat berderet dengan Spatula Bakery, Spatula Coffee & Resto, Apotek Ikana, dan berbagai fasum lainnya. Tak ada sesuatu yang istimewa untuk tampilan depan karena memang terlihat seperti deretan ruko berlantai 3 seperti biasa. Tapi jangan salah. Pihak hotel telah menyiapkan parkir yang sangat luas di bagian dalam atau belakang ruko. Bahkan untuk beberapa kamar, kendaraan yang kita bawa bisa langsung parkir persis di depan kamar yang kita sewa.

Area penerimaan tamu

Pun ketika kita melangkah menuju area penerimaan tamu. Sentuhan design interior yang sederhana dan minim ornamen akan menyambut kita. Dilengkapi dengan beberapa furniture kayu berkualitas, kita akan melihat counter penerima tamu di sisi kiri, sebuah aquarium besar di bagian kanan, dan ruangan (function room) yang sangat luas di sisi depan. Ruangan dengan daya tampung sekitar 1.000 an orang ini sering digunakan untuk acara-acara besar seperti resepsi pernikahan.

Eksplorasi Fasilitas Hotel

Setelah beberapa menit menunggu, akhirnya didampingi oleh salah seorang staff dibidang penjualan on line, saya mengawali kunjungan dengan mengeksplorasi fasilitas yang berada di lantai yang sama dengan lobby hotel. Selain terdapat beberapa kamar standard tak jauh dari lobby, di lantai ini tersedia kolam renang anak-anak yang cukup besar. Jejeritan gembira bersahut-sahutan riang dengan kecipak kecipuk air dari puluhan anak-anak seusia sekolah dasar nyaring terdengar. Ya. Hari itu, selain pengunjung, kolam renang diramaikan dengan hadirnya beberapa anak-anak yang sedang belajar berenang. Suasana pun tambah riuh rendah dengan adanya fasilitas permainan yang memang jadi favorit anak-anak. Dan mereka pun semakin betah karena kolam renang ini dibuat semi-terbuka. Tidak terpapar sinar matahari, tapi tetap bisa menikmati sejuknya udara sekitar.

Buat tamu dewasa yang ingin tetap bisa berolah raga selama liburan, Ayola Hoci menyediakan fitness centre yang letaknya tidak jauh dari kolam renang. Jadi anak-anak bisa bermain air, sementara orang tua tetap bugar dan bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan yang juga sama bermanfaatnya.

Kolam renang yang nyaman dan mengasyikkan

Menuju ke lantai yang persis berada di bawah area lobby, saya diajak untuk melihat beberapa kamar superior yang beberapa diantaranya tersambung dengan tipe kamar junior suite. Dengan jumlah sekitar 29 kamar, 2 tipe kamar ini cocok banget untuk tamu yang datang sekompi (sekitar 10sampai 12 an orang). Dilengkapi dengan dapur kecil (di junior suite) dan connecting door, beberapa sofa, meja makan, dan dispenser air, gabungan antara kedua kamar ini memungkinan kita untuk tetap berkumpul dan terkoneksi sekeluarga setiap waktu.

Kamar tipe Superior
Kamar tipe Junior Suite
Kamar tipe Junior Suite

Ingin mendapatkan kamar yang lebih luas dengan daya tampung yang lebih besar, Ayola Hoci menyediakan tipe Family Room yang beberapa juga terhubung dengan Junior Suite di lantai yang berbeda. Kamar yang berada di lantai yang lebih tinggi ini, juga dilengkapi dengan teras yang memiliki pijakan kaca dan pemandangan pegunungan yang lebih memanjakan mata. Dari titik ini juga para tetamu bisa melihat kolam teratai yang menemani sebuah villa kayu cantik dilengkapi dengan gazebo berukuran besar.

Kamar tipe Family Room
Rumah Manado

Sensasi kenyamanan berlibur sembari menikmati damainya lingkungan sekitar yang asri, begitu saya rasakan ketika menginjakkan kaki di sebuah halaman besar dengan kolam air yang berisikan ratusan bunga teratai plus sebuah villa yang sebagian bangunannya terbuat dari kayu berkualitas tinggi. Villa ini bernama Rumah Manado dan merupakan satu-satunya villa yang ada di Ayola Hoci.

Selain dilengkapi dengan beberapa permainan anak-anak dengan pijakan rumput yang menghijau, bangku kayu warna warni yang istagenic banget untuk dijadikan spot foto, di sini juga tersedia gazebo untuk acara berkumpul bersama yang diperuntukkan bagi penghuni villa ini. Sangat cocok dijadikan venue acara-acara khusus dengan undangan terbatas seperti ulang tahun, pernikahan, barbeque party, bahkan sekedar menikmati waktu-waktu berharga dengan keluarga besar.

Sore itu, sembari bertukar cerita dengan Mas Ipan yang menemani saya dan berkenan memotret, saya merasakan sentuhan hembusan angin dingin yang mulai menyapu wajah. Udara yang selalu saya rindukan dan hanya bisa saya nikmati ketika sedang berada di Cipanas. Jadi bisa dibayangkan ya, menghabiskan waktu-waktu berkualitas bersama orang-orang terdekat, di bawah sinar matahari yang bersahabat plus udara sejuk yang sangat jarang kita rasakan ketika berada atau tinggal di ibukota.

Kolam teratai di depan Rumah Manado
Kolam teratai | Di belakang saya tampak bangunan hotel dengan kamar-kamar yang siap disewa

Fasilitas Umum dan Wisata di Seputaran Hotel

Seperti yang sudah dituliskan di awal-awal artikel ini, Ayola Hoci sarat atau banyak dikelilingi oleh fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh para pewisata. Karena berlokasi tidak jauh dari rumah saya, ada beberapa tempat yang sempat saya ulas dan sudah dituliskan di blog ini.

Di deretan ruko yang menyatu dengan lobby hotel, ada mini market, fast food, Spatula bakery and pizza, apotek dan praktek dokter, bank dengan beberapa ATM dari berbagai jenama jaringan bank besar, dan tentu saja tempat nongkrong yang asyik, tak kalah kerennya dengan resto/cafe yang berada di berbagai penjuru Jakarta. Salah satu yang highly recommended adalah Spatula Coffee Roaster & Resto. Letaknya hanya beberapa langkah dari lobby depan hotel.

SPATULA COFFEE ROASTER & RESTO. Tempat nongkrong dengan Makanan Enak, Tempat yang Istagenic, dan Layanan Berkualitas di Cipanas

Yang suka dengan tipe makanan berbeda, menu merakyat, dan suasana yang juga merakyat, cobain deh Sate Maranggi Sari Asih yang berada sekitar 3km (ke arah Cianjur). Males bawak mobil karena jarak yang tanggung? Bisa tuh naik angkot yang lewat di depan hotel. Tinggal duduk. Sekitar gak lebih dari 15menit-an udah sampe deh. Warung satenya juga gampang banget dikenali. Rasa-rasanya tidak ada seorangpun supir angkot atau warga Cipanas yang gak tau warung fenomenal yang satu ini. Seperti apa sih warung yang satu ini? Yuk, silahkan baca link berikut ini. Harganya murah pake banget. Sepeleton juga paling habisnya gak lebih dari 400an ribu.

Sate Maranggi SARI ASIH | Warung Sate Murah, Meriah, Seru, dan Berlemak di Cipanas

Mau merasakan jajanan warung lainnya tanpa harus naik kendaraan? Wohooo bisa dong. Di deretan ruko hotel, banyak banget para penjaja makanan dengan kekhas-an masing-masing. Warung bakso, gerobak-gerobak jajanan seperti Kebab, kue pancong, kue pepe, ayam goreng, sampai menu modern seperti bakery dan pizza yang saya sebutkan di atas. Tapi satu yang sangat saya rekomendasikan adalah Warung Seafood ala Chef Bang Roy. Warung ini menyajikan aneka makanan dengan sentuhan chef yang adalah pensiunan tukang masak dari hotel berbintang. Plus satu lagi warung bubur ayam tenda yang jadi langganan para pemburu sarapan. Warung ini hanya buka mulai (sekitar) pukul 6 pagi sampai habis. Biasanya sudah tutup ketika toko-toko makanan lain buka di jam 10 pagi.

Warung seafood ala Chef Bang Roy | Mantul maksimal | Cobain deh nasi gorengnya

Untuk urusan atau keperluan sehari-hari seperti seandainya ketinggalan sabun, shampo, atau yang lainnya gimana tuh? Tenang. Hanya sekepotan ada mini market atau kalau mau usaha sedikit sambil jalan-jalan, ada hipermarket/toserba Selamat. Isinya lengkap dengan segala ada. Mulai dari tempat bermain anak (kali aja anak-anak bosen main di hotel), toko pakaian, perlengkapan rumah, serta tentu saja minimarket di lantai terbawah. Atau sekalian mau ke Factory Outlet yang super lengkap, monggo atuh naik angkot juga. Tapi kali ini ke arah yang berlawanan dengan ke warung sate (arah Cimacan). Adalah FO dengan nama Roofpark. Puas belanja segala produk fashion di lantai bawah, coba deh main ke roof-top nya. Selain puas menikmati berbagai pilihan menu, di sini juga istagramable pake banget. Bener-bener destinasi wisata sekaligus photography yang cucok untuk mengisi feed media sosial. Ulasannya ada di link berikut ini.

Roofpark Cimacan | Tempat Nongkrong Bermandikan Warna dan Bunga

Kalau soal tempat wisata gimana dong? No worry. Jalan aja sedikit (catet ya .. tinggal jalan kaki). Gak lebih dari 300 meter, kita akan ketemu Istana Kepresidenan Cipanas. Sudah tau dong sejarahnya istana ini. Kalau belum dan ingin ngintip apa aja yang ada di alam, sila klik tulisan saya berikut ini.

Menikmati Kemegahan Hunian Berkelas dan Penuh Sejarah di Istana Presiden Cipanas

Atau ingin mengabadikan kebersamaan keluarga sekaligus mengagumi ribuan flora yang terawat dengan baik? Bisa banget. Dari hotel, berkendara, belok ke kiri setelah ujung ruko, ikut beberapa signage, kita akan diarahkan menuju Taman Bunga Nusantara yang cantiknya tak terkira. Saya, terus terang, sudah berkali-kali kemari tapi tidak pernah bosan untuk menikmati kekayaan dunia tanaman yang dikelola secara professional oleh pemerintah setempat. Di sini juga, bagi pecinta tanaman dan buah, bisa juga loh mborong aneka bibit untuk ditanam di rumah. Ulasan lengkap mengenai Taman Bunga Nusantara tersedia di link berikut ini.

Taman Bunga Nusantara | Discover Beautiful | Where The Flowers of The World Grow

Bangku panjang warna warni yang cakep buat diajak berfoto

Lengkap banget kan yaaa. Memilih Ayola Hoci untuk liburan berkualitas di Puncak dan Cipanas bisa jadi keputusan yang tepat dan ramah untuk keluarga. Seperti biasa, untuk reservasi, kita bisa berseluncur ke beberapa tautan booking on line atau bisa juga melakukan pemesanan langsung ke pihak hotel melalui link yang bisa diklik di sini.

AYOLA HOCI CIPANAS | Jl. Raya Cipanas km. 81.3, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat