HP BOOK 2

 

HANDMADE CRAFT PROJECTS – RIA NIRWARNA

Tanpa sengaja saya menemukan buku ini di wall/timeline FB seorang teman.  Melihat dari judul dan covernya yang begitu menarik, hati langsung nyetrum. Menatap kata-kata handmade dan projects, tentunya buku ini berisi aneka kriya/kerajinan tangan yang mungkin saja ada beberapa keahlian yang cukup bagus untuk dikuasai oleh seorang crafter seperti saya.  Apalagi begitu melihat sub-title yang tertera yaitu Home Decor, Party Decor, Recycle Stuff dan Photo Props. Wuaahh ok bangetlah.  Sigap seperti tentara hendak upacara, saya mintakan nomor ISBN nya dan WA suami untuk segera membeli buku tersebut secara on-line.  Taraaa …2hari .. buku yang dimaksudpun tergeletak manis di meja kerja saya.

Seperti kebiasaan selama ini, setiap membeli buku-buku ilmiah (kecuali novel), saya membaca cepat lembar demi lembar setelah merunut Daftar Isi di bagian depan.  Setelah itu membaca profile penulis sebelum menikmati kembali foto-foto yang disajikan oleh Penulis.

Aaahh…ternyata Ibu Ria Nirwana ini adalah pemilik brand Bagus Bagus Wrapping yang sudah saya ketahui account FP/FB nya dan beberapa outlet atau booth kecil milik beliau di toko buku Gramedia.  No wonder kalau beliau pas banget menulis buku ini karena nyatanya memang berkecimpung di bisnis penyediaan pernak pernik kreatif.  Menelurkan buku yang sejalan dengan usaha yang kita lakukan tentunya akan melengkapi promosi dan brand image kita sendiri.

Kesan pertama yang didapat adalah photography yang ciamik. Acungin jempol 4 deh untuk Sardo Michael yang sangat mengerti angle-angle penting untuk diambil agar pembaca dapat tenggelam dalam keindahan hasil fotonya. Sajian-sajian visual profesional begitu sempurna mendamping copy writing yang disajikan dengan tidak bertele-tele. Setiap jenis bahasan/project dimulai dengan review singkat dan tentu saja disertakan dengan foto finished product dari project yang dimaksud, sehingga para pembaca dapat memiliki imajinasi awal seperti apa materi yang akan dibahas pada halaman berikutnya.

Dari Daftar Isi, seperti yang telah diungkapkan di atas, buku ini terbagi atas 4 topik bahasan yaitu:

Home Decoupage Ideas yang terdiri dari Jam Dinding Decoupage, Image Transfered Canvas, Huruf Hias Dinding, Gantungan Kayu Pinus dan Rak Display Scrapbook

Party Ideas yang terdiri dari Party Cake Stand’s Decoupage, Paper Pompom, Painted Mason Jar, Baki Decoupage, Chalkboard Quotes dan Frame Photobooth

Recycle Stuff Ideas terdiri dari Kotak Sepatu, Kaleng Bekas dan Tisu Gulung Bekas

Properti Foto Handmade yang terdiri dari Talenan Hias dan Alas Foto

Pada setiap topik yang dibahas, selain finished product dan short review, tercantum juga uraian materi/bahan mentah yang dibutuhkan, tips sebelum bekerja, serta step by step pengerjaan (berupa foto dan kata-kata/kalimat arahan).  Peletakan dari masing-masing uraian ini cukup komunikatif.  Tapi bagi saya yang menderita komplikasi kerusakan mata karena usia, besarnya huruf dan foto-foto step by step tersebut, terlihat bagai koin 500an yang perlu digosok-gosok biar keliatan.

Melengkapi semua item di atas, Penulis memberikan bonus berupa Tips Foto dan Template/Pola

Dari keseluruhan isi buku. Ada 2 project yang sangat saya sukai.  Yaitu Chalkboard Quotes dan Recycle Stuff Ideas.

HP BOOK 3

Chalkboard Quotes. Untuk crafter yang menyukai keahlian menulis indah, project ini pastinya tidak terlalu ribet.  Bahan yang dibutuhkan tidak banyak dan pengerjaannya pun sangat cepat.  Kita bisa mengisi board dengan kalimat-kalimat indah yang bisa dipajang di dinding rumah.  Bahkan beberapa kali ketika berkesempatan ngobrol dengan teman-teman di cafe, saya sering melihat chalkboard ini digunakan untuk menulis menu dan materi-materi promo yang ditawarkan oleh cafe yang bersangkutan.  Selintas terbersit di otak, sepertinya chalkboard ini bisa juga dipakai untuk menuliskan brand dan dipasang (berdiri/digantung seperti lukisan) untuk stand pameran.  Selain materinya ringan, gampang dibawa-bawa, pastinya memberikan sentuhan unik dan cantik yang melengkapi dekorasi.

HP BOOK 4

Recycle Stuff Ideas.  Memiliki dekorasi dengan sentuhan pribadi tentunya punya nilai yang berbeda.  Seneng dan bangga rasanya kalau kita bisa berkarya bahkan dari materi-materi bekas sekalipun.  Tapi tentu saja dengan catatan bahwa kita tidak menumpuk barang bekas, yang ujung-ujungnya rumah jadi sempit dan tidak tertata.  Ini menjadi perhatian penting buat kita yang memiliki rumah tipe 4L alias Lo Lagi Lo Lagi.

Barang bekas yang dimaksud di dalam buku ini pun saya yakin adalah barang yang masih layak dan pantas untuk diolah, setelah lebih dahulu dibersihkan dengan seksama.  Berpegang teguh pada prinsip ini, tentu saja membuat handicraft yang kita kerjakan tidak menimbulkan polusi bau dan memberikan kenyamanan bukan hanya bagi diri kita, tapi juga bagi anggota keluarga dan kerabat yang bertamu ke rumah kita. Seperti kaleng bekas contohnya.  Pastikan bahwa sisa makanan/minuman terdahulu sudah bersih dari bau dan sisa dengan ujung-ujung bukaan yang sudah tidak tajam.  Sayangnya anjuran ini tidak dituliskan di buku ini.

Above all, buku ini sangat layak dimiliki oleh para crafter dan mereka yang ingin mencoba membuat handicraft sendiri.  Sebagian besar, bahkan hampir semua materi yang disajikan, tidaklah rumit untuk dikerjakan dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapat.  Apalagi dengan ditambah teknik foto yang bakalan membantu banget untuk ngipas-ngipas narsisme kita saat project yang kita kerjakan berhasil dan gak sabar untuk disebar di media sosial. Iya kaaann????

 

REDAKSI : Kawan Pustaka, redaksi@kawanpustaka.com, www.kawanpustaka.com, (021) 7707129