Liburan dengan cara backpacker selalu identik dengan kata murah.  Semua biaya ditekan sampai semaksimal dan serinci mungkin.  Mulai dari penginapan, makanan, dan pastinya transportasi yang biasanya menghabiskan budget atau dana paling banyak pada setiap acara liburan.

Banyak cara untuk menekan biaya transportasi ini, bisa dengan memburu tiket pesawat murah (baik on-line maupun melalui travel fair yang sering diadakan beberapa airline), mencari diskonan kereta api atau dengan naik bus.

Pilihan terakhir adalah cara yang paling mudah dan termurah. Walaupun dari perhitungan waktu, memutuskan naik bus berarti kita harus siap  dengan jadwal yang lebih longgar dan tentu saja dengan kondisi fisik yang lebih prima.   Tapi meskipun begitu, karena alasan murah itulah bus dikenal sebagai teman liburan backpacker yang paling setia, dan selalu menemani ke manapun para backpacker bepergian.

Sumber: www.gettyimages.com

Pertimbangan-pertimbangan apa sih yang membuat para backpacker memilih bus sebagai moda transportasi pilihan utama?

 

Murah

Sumber: www.pando.com

Alasan utama bus jadi sahabat terbaik para backpacker adalah karena harganya yang sangat terjangkau.  Bus dengan kelas yang nyaman sekalipun, harga tiketnya tetap lebih murah dari tiket pesawat.  Apalagi kalau kamu memilih bus dengan kelas ekonomi.  Dijamin super duper irit dan bisa dipastikan bahwa isi dompet akan aman tentram, dan bisa dialokasikan untuk keperluan-keperluan lain yang lebih dibutuhkan selama liburan.

Cara membeli tiket bus pun sekarang sudah sangat mudah. Kamu bisa membelinya di Traveloka dengan menggunakan aplikasi yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.  Tinggal klik, gak perlu ongkos tambahan, gak perlu tenaga ekstra.  Cukup duduk di tempat, berselancar di tautan yang sudah disediakan, dan ikuti petunjuk melakukan transaksi pembayaran.  Gampang kan?

Berbagai promo pun diberikan oleh Traveloka untuk tiket bus yang kamu incar. Dengan promo, harga tiket jadi lebih murah, perjalanan kamu pun jadi lebih hemat, dan waktu-waktu liburan pun jadi sangat menyenangkan.

Baca juga: Kepulauan SERIBU | Surga Wisata Bahari di Teluk Jakarta

 

Fleksibel

Selain harga tiket yang murah, bus juga dikenal sebagai moda transportasi dengan jadwal yang paling fleksibel. Kalau kamu ketinggalan bus pertama, maka masih ada bus berikutnya yang siap mengantar ke kota tujuan. Jika tiket bus dengan rute langsung sudah habis terjual, kamu bisa membeli tiket eceran dengan oper (jadwal sambungan) di kota, stasiun, atau tempat-tempat pemberhentian bus tertentu. Waktunya sangat fleksibel seperti ini, cocok untuk kamu yang suka mendadak liburan tanpa rencana dan tidak terikat dengan pilihan-pilihan waktu dengan masa tunggu yang terbatas.

Hal ini nggak bisa kamu dapatkan dari pesawat terbang dan kereta api.  Jadwal dari dua moda transportasi ini lebih terbatas, dan kamu harus benar-benar patuh pada jadwal jika tidak ingin ditinggal dan tiketmu hangus.

Sumber: www.satelitpost.com

 

Tujuan Yang Lebih Banyak

Bus adalah moda transportasi yang memiliki rute paling banyak. Baik rute dalam kota, antar kota dalam provinsi, antar kota antar provinsi, hingga bus antar pulau, bahkan dari dan menuju pelosok-pelosok di sebagian besar desa di tanah air. Dengan rute yang super banyak, bus adalah andalan ketika kamu harus menuju sebuah kota yang tidak bisa dituju dengan kereta api atau pesawat terbang.

Sejauh ini, bus masih menjadi andalan untuk menjadi moda transportasi yang mengantar dari bandara atau stasiun menuju tempat wisata.  Seperti halnya dari dan menuju ke Bandara Soekarno Hatta di Tangerang.  Sebagian besar pewisata memutuskan untuk menggunakan jasa bus DAMRI ketimbang naik mobil sendiri, menyewa taxi reguler, bahkan mobil sewaan yang dipesan melalui media daring.

Selain biayanya murah, bis DAMRI bisa ditemui di beberapa titik keberangkatan/kedatangan di hampir seluruh penjuru yang strategis.  Misal: Blok M untuk sebagian warga Jakarta Selatan, Bekasi Barat untuk warga kota Bekasi, Cempaka Putih untuk warga seputaran Jakarta Utara dan Timur, bahkan ada yang menjangkau Bogor untuk mereka yang tinggal di pinggiran Jakarta.

Sumber: www.harnas.co

 

Teman Menjelajah Tempat Wisata Baru

Selain mengantar ke tempat wisata yang sudah ramai, bus juga menjadi teman terbaik untuk mengantar ke tempat wisata baru yang belum ramai oleh pengunjung. Dengan bus, rute-rute yang belum banyak terjamah oleh moda transportasi lain bisa kamu kunjungi dengan mudah.

 

Dengan banyak kelebihan yang dimiliki oleh bus, nggak heran kalau para backpacker menjadikan moda transportasi yang satu ini sebagai teman setia perjalanan mereka. Selain murah, bus juga bisa menjangkau lebih banyak kota dan destinasi wisata dibandingkan dengan kereta api dan pesawat terbang. Tiket bus pun bisa dibeli dengan mudah di Traveloka.

Mau berangkat liburan sekarang? Pasang aplikasi Traveloka di ponsel kamu dan selamat backpackeran ke kota tujuan!

 

 

3 COMMENTS

  1. autolike, autoliker, Auto Like, Status Auto Liker, Photo Liker, Photo Auto Liker, Facebook Liker, Auto Liker, Autoliker, Fb Autoliker, Facebook Auto Liker, auto like, Working Auto Liker, Autoliker Facebook, Increase Facebook Likes, auto liker, facebook auto liker, Autoliker, Status Liker, Facebook Autoliker

  2. เพิ่มไลค์เพจ ราคาถูก, ปั้มไลค์แฟนเพจ, ปั๊มไลค์เพจ, เพิ่มไลค์แฟนเพจ, ไลค์เพจ, ปั๊มไลค์แฟนเพจ, ปั้มเพจ, ปั้มไลค์เพจ, ปั๊มไลค์เพจ, ปั๊มไลค์เพจ facebook, เพิ่มไลค์เพจ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here