Berhari-hari membaca ulasan dari temen-temen tentang film physco thriller JOKER beberapa waktu terakhir, akhirnya rasa penasaran saya pun makin membuncah. Ulasannya beraneka ragam. Ada yang membahas dari sudut kejiwaan, acting para aktor terutama Joaquin Phoenix yang berperan menjadi Joker, sampe efek film ini bagi kita setelah nonton (khususnya untuk anak-anak di bawah batas umur yang diijinkan). Dduuhhh asli penisirin maksimal saya. Apalagi Joaquin adalah salah seorang aktor antagonis yang paling saya suka.

Gak ingin ketinggalan kereta ngerasani obyek pembicaraan fenomenal yang satu ini, sayapun bergegas mengajak Fiona, anak saya, untuk nonton di Cinemaxx Mall Lippo Cikarang yang berada tak jauh dari rumah. Karena datangnya di akhir pekan, kami mengalami sedikit kesulitan mencari parkir. Waahh tampaknya pengunjung mall lagi membludak nih. Dan eeehhh ternyata ramenya sampe ke area bioskop. Antrinya mengular sampe ke teras luar. Penuh sesak dengan pengunjung yang antusias menghabiskan waktu-waktu weekend dengan kegiatan menonton. Walaupun ada beberapa studio yang menayangkan film yang satu ini, pegel juga kalo kudu ngantri dan berdiri sampe puluhan menit.

Tak ingin kehilangan akal menyiasati keadaan ini, mendadak baru keingetan kalau kita bisa membeli/memesan tiket nonton lewat aplikasi Traveloka Xperience. Fasilitas baru dari Traveloka yang menyajikan ribuan pilihan aktifitas menarik melalui satu aplikasi dan menyajikan Xperienceseru dimanapun kita berada.

Padahal loh, aplikasi ini sudah tak unduh di handphone. Lah kok bisa lupa. Tau gitu kan bisa pesen tiketnya dari rumah, sambil duduk-duduk nyantai, terus bayar, lalu datang ke counter khusus pemesanan on-line yang jauh lebih dikit ngantrinya. Tinggal nunjukin e-ticket nya ke petugas, dapat print out tiket, dan pesen camilan. Selesai deh. Simpel, mudah, efisien, dan efektif pulak. Gak pake pegel dan capek ngantri. Segampang itu kah? Yup bener pake banget.

Proses Pembelian Tiket Nonton

Buat temen-temen yang pengen tahu atau movie antusiast/goers tentang fasilitas yang satu ini, ayok dicobain nih. Gampang banget caranya. Tinggal download aplikasinya dari Playstore, bikin akun atas nama kita, terus ikutin deh langkah-langkah pemesanan berikut ini.

Setelah mengunduh aplikasi dan membuat akun, pastikan kita menuju tombol Traveloka Xperience (dalam bentuk logo X). Setelah itu cari tautan Movies yang ada di bagian Expore Xperience Categories.

Lalu kita diminta untuk menentukan bioskop di kota mana (Choose City) yang ingin kita kunjungi. Kemudian klik flyer/poster dari film yang kita minati. Di bagian ini kita dapat juga menyimak info tentang Synopsis (ulasan pendek) serta Cast/Crew (para pemeran film). Perhatikan juga di sisi kiri bawah flyer tentang ketentuan batas usia penonton. Ini penting banget loh untuk kita perhatikan. Terutama untuk para orang tua yang berniat mengajak anak menonton. Kudu bijak tentang ini ya teman-teman. Oia, di bagian ini, ada juga info tentang bahasa pengantar yang disajikan oleh film, waktu pemutaran, dan genre filmnya.

Jika sudah confirm untuk nonton film yang kita sudah pilih, kemudian klik Choose Theater. Untuk kasus saya minggu lalu, saya memilih Cinemaxx Mal Lippo Cikarang. Kalau sudah, maka akan muncul tanggal dan waktu menonton yang kita inginkan berikut dengan rincian biaya per orang yang harus kita bayar.

Beres dengan urusan di atas, kita harus Pick A Seat (memilih tempat duduk). Akan tampak posisi layar berikut (foto di bawah) dengan nomor tempat duduk. Tekan di nomor yang kita sukai, lalu akan muncul kembali biaya yang dikenakan kepada kita. Jika kita akan menonton berdua dan memilih tempat untuk 2 orang, maka secara otomatis, biaya per orang yang didiskripsikan di layar sebelumnya akan dikalikan 2. Angka inilah yang menjadi acuan untuk melanjutkan langkah berikutnya.

Menyelesaikan proses pembelian, pencet Continue di bagian bawah layar, maka sampailah kita pada tahap akhir. Pembayaran bisa dilakukan dalam berbagai cara, seperti kartu kredit dan sistem transfer. Saya memilih transfer melalui m-banking karena aplikasi ini pun ada di mobile phone saya. Naahh gak lama setelah pembayaran diproses oleh pihak Traveloka, kita akan menerima e-ticket. Tinggal ditunjukkan dah tuh sama petugas. Beres semuanya.

Mengenal Lebih Jauh Traveloka Xperience

Selain pelayanan pemesanan hotel, transportasi (pesawat, kereta, bis) yang sudah lama ada, mulai 2019, Traveloka juga menghadirkan berbagai produk dan layanan untuk bepergian (travel) dan lifestyle, seperti tempat hiburan, bioskop (seperti yang saya gunakan di atas), hiburan, makanan, minuman, transportasi, hingga workshop. Layanan ini ditawarkan hampir di setiap kota di Indonesia maupun di luar negri. Informasinya lengkap luar biasa. Proses pemesanan dan pembayarannya pun cepat dan praktis, dengan dukungan Customer Service selama 24 jam. Bahkan, jika kita beruntung dan rajin ngecek, bisa mendapatkan paket promo, diskon menarik atau harga khusus yang ditawarkan dari kerjasama Traveloka dengan beberapa rekanan.

Contoh nih. Ambil yang dekat dan simpel aja ya. Kita pengen liburan ke Bali. Tau kan gimana banyaknya tempat menarik yang diminati oleh wisatawan di pulau yang sarat pengunjung ini. Nah untuk mendapatkan informasi tempat-tempat hiburan yang ada di sana, coba deh meluncurkan ke website Traveloka, pilih Things To Do, lalu masuk ke lini Xperience (Traveloka Xperience), ketik kata Bali di kolom Enter Destination Name or City. Dalam sekian detik langsung deh muncul sederetan destinasi wisata berikut dengan ulasan, ranking kualitasnya, termasuk harga tiket wisata yang kita mau kunjungi itu. Yang penting untuk diingat sebagai konsumen pengguna layanan adalah manfaatkan semua informasi yang ada agar sesuai dengan kebutuhan liburan kita sebelum memutuskan untuk membeli tiketnya dan menikmati fasilitasnya.

Sejauh ini sih saya baru mencoba pemesanan tiket nonton. Tapi kedepannya, buat saya yang berprofesi sebagai blogger yang rajin ngukur jalan plus menikmati dan mengulas tentang tempat-tempat wisata, aplikasi seperti ini bakal membantu banget. Selain informatif, tentunya memudahkan saya menelusuri various services and amusement/touristic venue yang ditawarkan oleh sebuah jenama yang sudah teruji keamanan, kepastian, dan kenyamanannya. Jadi, kalau Traveloka mengedepankan moto sumber informasi yang bisa menginspirasi kita kapanpun dan dimanapun (your source of inspiration anytime and anywhere), pastinya sudah mewakili apa yang kita inginkan dan apa yang akan kita dapatkan.

Tulisan ini dibuat dalam rangka Lomba Blog Traveloka Xperience 2019

#Xperienceseru #TravelokaBlogContest2019