MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

MARIBAYA RESORT | Maribaya Natural Hot Spring Resort | Maribaya Glamorous Camping Tent | Jl. Maribaya No. 105 | Lembang | Bandung Barat | Jawa Barat

Email: marketing@maribaya-resort.com | Telpon: (022)-8278-2225

Lokasi Maribaya Resort

Menemukan tempat ini tanpa sengaja.  Posisi pintu gerbang utama yang langsung tertangkap mata ketika kita melintasi jalan raya Maribaya, mampu membuat kita menghentikan, setidaknya melambatkan kendaraan.  Berada di bawah jalan menurun, dari arah pasar Lembang menuju Maribaya Lodge, kita harus mengurangi laju kendaraan demi keselamatan.  Di sisi kiri (posisi atas) akan terlihat area parkir khusus untuk kendaraan besar seperti bis, di bawahnya adalah lokasi Glamping, sementara di sisi kanan jalan adalah Natural Hot Spring Resort.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Belokan cukup tajam dari arah Lembang. Maribaya Resort ada di kanan jalan
MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Fasad dan Signage Maribaya Resort yang terlihat dari pinggir jalan

Kita dapat memarkir mobil persis di depan gerbang masuk utama dengan biaya Rp 10.000,-/kendaraan (selama kita berkunjung), yang dibayarkan resmi dan sekaligus ketika kita membeli tiket masuk.  Di seputaran parkir ini juga disediakan deretan tempat duduk untuk para supir menunggu yang cukup nyaman dan menyatu dengan foodcourt.  Menunggupun pastinya jadi tidak membosankan.

Area Halaman Depan dan Tiket Masuk Wisata

Di bawah signage Maribaya yang atraktif meliuk, terdapat sebuah counter kaca dengan 4 jendela, yang melayani pembelian tiket masuk.  Kami, yang datang di hari kerja, membayar Rp 25.000,-/orang untuk masuk saja.  Sementara jika kita ingin menikmati fasilitas-fasilitas lain, ada biaya tambahan yang tiketnya dapat dibeli di area yang kita kunjungi.  Seperti fasilitas spider web Rp 5.000,-/orang, kamar rendam Rp 90.000,-/orang, dll.Untuk hari libur dan weekend, tiket masuk sebesar Rp 35.000,-/orang, sudah termasuk air mineral botol dan gratis untuk anak-anak di bawah 5tahun.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

Tiket masuk ini berupa kartu (seukuran kartu ATM) bergambar hutan dan sungai yang mengalir di sekitar tempat wisata ini.  Kartu ini sayangnya tidak bisa dimiliki untuk jadi kenang-kenangan, tapi dimasukkan ke box penggerak tuas masuk.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Area kedatangan

 MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Kiri foto adalah pintu keluar masuk pengunjung. Kanan foto adalah toko souvenir

Di sisi kiri halaman depan terdapat tangga menuju tempat duduk-duduk (rencananya juga akan jadi tempat makan) yang menyatu dengan signage besar tempat wisata.  Ada hutan kecil dengan pohon pinus yang sudah menjulang tinggi.  Di sisi kanan terlihat foodcourt luas memanjang dilengkapi dengan toilet dan mushola.  Sementara di bagian tengah terlihat gerbang masuk, tempat penitipan tas, dan rumah souvenir dengan front design roda kayu besar dan tumpukan kayu bakar.  Unik dan artistik.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Foodcourt di halaman depan

Melewati gerbang masuk, kita akan disambut oleh Gerbang Eyang Raksa Dinata.  Sebuah jembatan kayu dengan tiang persergi panjang kokoh yang dibangun di atas aliran sungai dan dikelilingi dengan rimbunnya tanaman.  Di ujung gerbang/jembatan, terlihat dinding dengan ukiran deorama alam wisata dan patung seorang perempuan memegang kendi besar.  Dicat warna gunmetal dan dilengkapi dengan pot-pot tanaman dan tulisan Maribaya Natural Hot Spring Resort, dinding ini tampak cantik menyatu dengan gerbang.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Gerbang Eyang Raksa Dinata

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

 

Kolam Pemandian Air Panas.  Deluxe Pool, VIP Pool dan Kamar Rendam

Dibuka mulai pkl. 08:00 wib sampai dengan pkl. 22:00 wib, fasilitas utama dari tempat ini adalah pemandian air panas.  Jika ingin merasakan air panas dengan suhu hingga 40 derajat Celcius, di beberapa kolam besar maupun sedang, kita dapat memilih pelayanan dengan 3 rentang harga.  Rp 35.000,-/orang hanya tiket kolam saja.  Rp 40.000,-/orang termasuk tiket kolam, snack, dan welcome drink.  Atau tiket terusan Rp 75.000,-/orang yang meliputi tiket masuk, tiket kolam, snack, dan welcome drink.

Di pemandian air panas, tipe deluxe pool, ini tersedia 2 jenis kolam yaitu: 1 buah kolam besar dan 2 buah kolam private dengan suhu air yang lebih panas, berpagar bambu, dan dihiasi dengan berbagai macam tanaman berdaun tebal.

Semua kolam tertata dengan sangat apik, terkepung beberapa air terjun dan sungai dari berbagai sisi.  Menurut Pak Tato, Sales Executive Maribaya, yang menemani kami berkeliling, tamu yang ingin menikmati air panas lebih banyak datang pada malam hari.  Membayangkan berada di kolam air panas malam hari, sambil menikmati suara deru air terjun, tentunya memberikan suasana tersendiri.  Dengan batas waktu berendam selama 2jam/orang, kita merasakan hawa dingin pegunungan di atas tubuh, sementara badan kita full terendam di dalam hangatnya air.  Layak dicoba ini sepertinya.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Deluxe Pool (kolam private) dengan suhu air mencapai 40 derajat Celcius
MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Deluxe Pool (kolam private) dengan suhu mencapai 40 derajat Celcius. Di sisi kiri foto terlihat kolam besar yang juga adalah bagian dari Deluxe Pool dengan suhu air yang lebih rendah dari kolam private

Jika tidak ingin bercampur dengan orang banyak, tersedia juga Rumah Rendam, dengan belasan kamar yang dilengkapi dengan bathtub marmer (baik untuk sendiri maupun berdua) dan interior bambu.  Untuk menikmati fasilitas ini, kita dapat membayar Rp 90.000,-/orang/jam, sudah termasuk handuk, sabun, dan shampoo.  Fasilitas VIP untuk berendam pun tersedia khusus dengan tiket Rp 115.000,-/orang termasuk 1x makan, welcome drink, handuk dan peralatan mandi.  Atau bisa dengan membeli tiket senilai Rp 90.000,-/orang termasuk handuk saja.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

 

Air Terjun CIKAWARI, Spot Foto yang Instagramable

Tempat yang paling disukai oleh para pengunjung adalah Air Terjun Cikawari.  Dengan titik air terjun yang cukup tinggi dan deras dari Curug Cigulung, pengelola tempat ini menyediakan dudukan kayu di pinggang sebuah pohon besar dan beberapa pancuran bambu yang diberi nama Pancuran Salapan Cikawari.

Karena datang di bukan hari-hari libur, saya tidak perlu bersusah payah mengantri untuk berfoto di sini.  Gemuruh air terjun pun mengisi sesi foto yang penuh ketenangan tanpa terburu-buru.  Gitu tuh enaknya kalau jalan-jalan di hari kerja.  Fota-foto kita tidak “bocor” dan puas memotret dari segala sisi tanpa hambatan yang berarti.  Makasih buat temanku Deddy Huang yang sudah mau direpotkan sama mamak rempong narsis akut  (((makasih Deddy))).

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

Oia, didekat curug ini ada kerucut besi Love Log yang biasa digunakan untuk mengaitkan gembok cinta.  Bahkan ada counter khusus yang menjual gembok untuk pengunjung.  Weits, seru nih buat yang datang dengan pasangan.

Beberapa fasilitas lain yang dapat kita nikmati di dalam wahana alam ini adalah Sky Bridge Tapak Halimun yang tersambung dengan Spider Web.  Berjalan di atas jembatan kayu dengan komposisi material yang sama dengan Gerbang Eyang Raksa Dinata dan dikelilingi tanaman yang tinggi menjulang, sky bridge pas banget jadi titik foto dengan pemandangan hutan yang sangat terawat.  Jika kita ingin melengkapi jalan-jalan di bagian sisi bukit ini dengan tantangan tali temali, Spider Web akan mengajak kita berjalan memutar dengan biaya Rp 5.000,-/orang.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Photo taken by Deddy Huang

Persisi di bawah Sky Bridge ini, pengelola menyediakan sarana Ampitheatre yang sering digunakan pengunjung dalam jumlah banyak.  Dilengkapi dengan dudukan semen permanen dan lahan luas terbuka, kita bisa menikmati waktu beramai-ramai di bawah pohon-pohon besar.  Cocok banget untuk kegiatan outing atau gathering.

Persis di sebelah kiri Ampitheatre, ada sebuah Mini Zoo berpagar bambu tinggi. Kebun binatang kecil ini juga terhubung dengan Spider Web di sisi satunya lagi.  Masuk ke area ini tidak dikenakan biaya apapun.  Tapi jika ingin memberikan makan (wortel) untuk kelinci peliharaan yang lucu-lucu dan jinak, kita harus membayar Rp 5.000,-/keranjang wortel.  Selain kelinci, di sini juga dipelihara kambing, rusa totol, dan domba Shaun The Sheep, yang saat saya berkunjung kandangnya sedang direnovasi.  Sementara menempel ke arah bukit kecil, ada 2 Rumah Hobbit yang tampak cantik untuk jadi tempat berfoto.  Sisi lain yang menarik hati adalah Photo Booth yang menempel di pagar bambu.  Latar belakang bambu membuat hasil foto kental akan nuansa alam.  Begitupun ketika kita duduk-duduk di meja kayu di area ini.  Menikmati alam pegunungan indah dengan hutan pinus, hati terasa tentram dan ayem sekaligus.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Rumah Hobbit yang berdekatan dengan Mini Zoo
MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Lembah yang bikin adem dan betah untuk duduk-duduk sambil mendengarkan angin yang bertiup diantara pepohonan
MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Photo taken by Deddy Huang

Melengkapi acara berkeliling, saya juga menemukan Taman Bermain anak/Children Play Ground dan Booth makanan dan minuman yang persis bersebelahan dengan Ampitheatre.  Twig Cafe, bangunan 2 lantai yang terhubung dengan kolam berendam.  Menuju jalur keluar, pengelola menyediakan sarana rumah/deck untuk latihan menembak dengan biaya Rp 35.000,-/30 kali tembak, rumah bermain pasir untuk anak-anak, serta kegiatan melukis kaos.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Taman bermain anak
MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Arena bermain anak dan melukis kaos
MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Area tembak-tembakan

Beberapa langkah menanjak dari tempat-tempat ini, saya juga menemukan Foot Spa dengan 2 pilihan tiket yaitu Rp 30.000,-/orang  sudah termasuk snack dan welcome drink, atau cukup dengan membeli tiketnya saja seharga Rp 25.000,-/orang.  Bersebelahan dengan Foot Spa, kita dimanjakan dengan cantiknya beberapa booth produk-produk kreatif atau kerajinan tangan.  Kedua fasilitas ini melengkapi area tengah, beberapa langkah setelah kita memasuki tempat wisata ini.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Area foot spa. Tampaknya menyenangkan
MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Kreatif corner. Buah tangan, handmade handicraft yang bisa dibeli untuk oleh-oleh

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

Oiya, untuk yang ingin mencoba permainan ringan dengan anak-anak, berada persis di sisi kanan taman besar, tidak jauh dari Gerbang Eyang Raksa Dinata, tersedia area Fun Games yang terdiri dari Catur Besar, Kick Biliiard (Rp 50.000,- untuk lima orang) dan Feeding Fish.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

Menambah spot untuk berfoto ria, pengelola juga menyediakan ayunan kayu (swing photo spot), di bahu bukit.  Sempat mencoba bergaya di sini, tapi sepertinya hasil jepretan tidak maksimal.  Pemandangan yang membelakangi ayunan kurang menggigit karena dipenuhi oleh lintasan kabel listrik yang mengurangi keindahan hasil foto.  Yuk, coba liat foto-foto berikut.  Gimana menurutmu?

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

 

MARIBAYA Glamorous Camping Tent

Menyempurnakan kunjungan wisata ke Maribaya Resort, hampir 2 tahun belakangan ini, tempat wisata ini juga menyediakan Glamping Tent untuk para penikmat suasana menginap di pegunungan.  Hampir sama dengan glamping di tempat lain, di Maribaya disediakan kamar-kamar menggunakan tenda tebal dengan fasilitas hotel di dalamnya.

Dengan lahan yang sangat terbatas, sekitar 7hektar, tersedia hanya 9 (unit) white tent yang terdiri atas: Deluxe Tent (kapasitas 2 orang), Executive Tent (kapasitas 4 orang) dan Family Suite Tent (kapasitas 6 orang).  Harga sewa berkisar antara Rp 2.188.000 s/d 4.188.000 per tenda, belum termasuk 7.5% service charge dan 10% pajak pemerintah.

Harga di atas sudah termasuk: welcome drink dan makan pagi (anak-anak berusia 5-10tahun dikenakan 50%), dan tiket masuk ke Maribaya Natural Hot Spring Resort, tiket masuk ke Deluxe dan VIP Pool (kolam rendam air panas).

Mereka juga melayani acara-acara private dan atau group dengan rate sesuai negosiasi dan acara-acara khusus seperti api unggun, dll.

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG
Photo taken by Deddy Huang

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi: Bpk. Tato Mulyanto | +62-822-1415-3019, +62-812-9397-5423 | mulyanto@maribaya-resort.com | www.maribaya-resort.com

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

#MaribayaResort #Lembang #LembangBandung #WisataLembang #WisataAlamLembang #MaribayaGlampingTent #WisataBandung #WisataJawaBarat

Related Stories

MARIBAYA RESORT. Pilihan Wisata Alam yang Istagenic di LEMBANG

Discover

KOREA WANDERER. Sebuah Perjalanan Untuk Kembali Pulang

Dua kata yang pas buat buku ini:...

SANTIKA Pasir Koja Bandung. Weekend Getaway di Awal...

Setelah 2 minggu yang lalu ke Bandung untuk koordinasi dengan kurir/jasa angkut...

ICA MARISA. Sebuah Cinta yang Hilang di Awal...

Saya tak pernah menyangka bahwa Jumat sore, 1 Oktober 2021, sekitar pkl....

HARPER Hotel Cikarang. Merenda Kenyamanan Menginap di Lippo...

Menginap over the weekend biasanya saya lakukan...

Popular Categories

Comments

  1. Paling suka baca tulisan wisata mba Annie, soalnya fotonya lengkap banget.
    Foto yang di atas pohon, dekat air terjun itu duuhhh membayangkan ademnya pikiran ya kalau duduk-duduk di situ.
    Orang-orang tuh ya kreatif banget menciptakan hal-hal kekinian, tau aja spot foto kece dari situ.

    Spot fotonya juga banyak nih di sini, kalaupun cuman sekadar foto-foto aja juga udah puas banget ya.
    Apalagi kalau datangnya pas weekday ya, lebih privat aja rasanya hehehe

    • Manajemen tempat-tempat wisata alam memang harus memikirkan spot-spot kece untuk foto. Karena hal ini jadi salah satu daya tarik tempat tersebut. Dan itu bisa jadi salah satu sarana promosi lewat foto-foto yang disajikan para pengunjung di medsos. Kudu kreatif memang ya Mbak Rey.

  2. Aduh aduuh kalo denger Lembang yang kebayang dingin, hijau, jalan berkelok, hutan pinus. Saya kunjungan pertama ke Lembang lgsg jatuh cinta meski kunjungan pertama dihadang macet parah. Tapi di resort ini saya baru denger. Apa karna ada kata resort nya jadi yang kebayang ya hotel aja. Ternyata bisa cuma berkunjung ya, mbk. Mana ada air terjun, ada kolam air hangat ada hutan-hutannya juga. Catet nih… klo ada rejeki singgah. Makasi reviewnya mbk…

    • Aaahh bener banget Mbak Uchi. Ke Lembang itu waktu yang tepat untuk menikmati keindahan alamnya. Tapi memang harus jeli milih waktu kunjungannya. Tempat ini ada penginapannya Mbak. Ada glamping persis di seberangnya. Tempatnya menyenangkan dan nyaman banget.

    • Iya Mbak. Kunjungan saya ini jauh sebelum pandemi ada. Jadi musti dicek dulu apa tempatnya sudah buka.

  3. Demi apa, tempatnya eksotik banget.. suasananya fresh banget, banyak pohon-pohon, air terjun, bisa berendam juga.. Duh, kalau ke Bandung harus mampir ke sini deh kayaknya. Refresh banget apalagi yang habis mumet karena kerjaan pas banget, worth it lah sama harganya ❤️

  4. Wah udah lama banget aku mba ga main ke Maribaya ini. Terakhir itu waktu masih ABG. Sekarang dilihat dari foto-fotonya jauhhhhhhh banyak sekali berubahnya. Jadi pengen main lagi ke sana. Semoga bisa ke sana lagi bareng keluarga kecilku amin

  5. Aku suka jalan ke arah maribaya resort, sayangnya belum pernah berkunjung. Dulu cuma lewat aja. Sepanjang perjalanan adem dan disuguhi pemandangan yang ijo-ijo. Semoga bisa berkesempatan liburan ke sana lagi.

  6. Lihat foto-fotonya langsung terbayang betapa segar dan dingin hawanya kalau di malam hari, hehehe. Kangen sama lokasi wisatanya Bandung. Perjalanan berikutnya ke Bandung, boleh nih, mampir ke Maribaya Resort.

  7. Udah kayak onsen onsen di Jepang yaaa Mba Annie. Aduuuh kangen glamping lagiiii. Dulu pas di Jatiluwih Bali aku juga glamping di Sang Giri mba. Kenangannya masih jelasss sampai sekarang. Lihat foto-foto Mba Annie langsung pengen ngeboyong anak-anak ke sana.

  8. Udah lama engga main ke Maribaya , kangen euy udara dan viewnya ..kalau dilihat dari foto Bu Annie semakin berkembang ya Maribaya ini fasilitasnya makin komplit duh pengen packing ke sana hehehe

  9. Maribaya Resort ternyata punya air terjun yang tersedia tempat foto-foto ketje banget. Ngak apa-apa ngantri mba, demi dokumentasi yang benar2 bagus.
    Fasilitas yang tersedia di Maribaya lengkap banget, cocok buat ngadem bersama keluarga.
    Makasih sudah diajak jalan-jalan ke Maribaya melalui foto dan tulisan mba Annie.

  10. Maribaya resort hijau dan adem banget mba.
    Ternyata ada air terjunnya juga, dan tersedia tempat foto yang ketje punya. Kalo ke sana wajib foto di lokasi ini.
    Makasih sudah diajak jalan2 ke Maribaya melalui tulisan dan foto mba Annie.

  11. Astaaga mbak lihat dari foto saja mata saya langsung adem liat yang hijau-hijau, pastinya kalau berkunjung langsung ke sana lebih csntik lagi sekaligus healing ya dari situasi kota yang padat. Suatu hari saya harus pergi ke maribaya!

  12. Bisa betah sih ini nginep di Maribaya.
    Adem, dan banyak spot menarik buat pepotoan, hihi.
    Paling demennya sih pas lihat belokan menuju Maribaya itu loh Bu. Yang terlintas pertama kali dibenakku itu adalah seperti lintasan balap di MotoGP hehe. Nikungnya berbahaya tapi gak bahayanya masih nyelekit kalau ditikung sama temen, lah (haha)

  13. Duuhh udah gatel bgt ini kaki buat jalan2 ..liat foto2nya aja udah bikin kangen maribaya.. Thanks bgt mba foto2nya yg lengkap , bisa ngurangin kangen lah at least hehe

  14. Seru banget yah di sini, pasti nyaman rendeman air hangat di sini. mana suasananya asri banget, pikiran penat jadi fresh langsung. Kalau pulang ke Pulau Jawa bisa nih mampir ke sini hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here