BANGTAN SONYEONDAN 방탄 소년단 di Mata Reader's Digest.  A Force For Good BTS A.R.M.Y

From Bulletproof To Dynamite | The Rise and Rise of K-Pop Boy Band BTS 방탄 소년단

This writing is a general summary of BTS’ article at Reader’s Digest Magazine written by Ed Uy and of course my personal commentary and additional perspective to complete my own figures about Bangtan Sonyeondan.

Muda, Energik dan Populer

3 hal penting yang sekarang dimiliki oleh Bangtan Sonyeondan, Bangtan Boys, Beyond The Scene, Bulletproof Boys Scouts a.k.a BTS. Nama yang masing-masing memiliki makna yang kuat bagi sebuah boy band asal Korea Selatan yang beranggotakan Kim Seok-jin (Jin), Min Yoon-gi (Suga), Jung Ho-seok (J-Hope), Kim Nam-joon (RM/Rap Monster), Park Ji-min (Jimin), Kim Tae-hyung (V) dan Jeon Jung-kook (Jungkook).

Usia mereka yang masih muda (saat artikel ini ditulis masih di bawah 30tahun), ke-energik-kan mereka, prestasi yang luar biasa hingga meraih kepopuleran yang hakiki, menjadikan seorang Ed Uy mewakili Reader’s Digest Asia, bersemangat untuk ikut mengupas bagaimana these good looking guys berada pada posisi sekarang. Sebuah puncak pencapaian yang tentunya melalui proses yang panjang dan berliku, serta pengorbanan meleburkan egoisme pribadi demi bekerja sebagai sebuah kelompok K-Pop yang solid dan digemari.

Therefore, there are no more words could properly deny that those “beautiful-make-up-faces” boys are entitled to be covered by any worldwide media, including Readers’s Digest Asia upon their Special Collector’s Edition released in December 2020.

Pencapaian Yang Memorable

Lahir dari tangan dingin Bang ‘Hitman’ Si-hyuk (Hitman), successful songwriter and music producer, ke-7 anggota BTS mengalami proses pemilihan yang sangat ketat. Mengusung label Big Hit Entertainment, Hitman memiliki mimpi untuk mengumpulkan sekelompok anak muda (lelaki) dalam satu grup yang memiliki kepribadian kuat dengan ciri khas masing-masing. Bukan mereka yang harus dipoles sana-sini demi sebuah image khusus.

BANGTAN SONYEONDAN 방탄 소년단 di Mata Reader's Digest.  A Force For Good BTS A.R.M.Y
Most BTS songs are in Korean. Proving music is a universal language (Reader’s Digest Asia)

Lewat seleksi dan kualifikasi yang ketat akhirnya terpilih 3 rapper (RM dan Suga), rapper dan juga juara lomba tari nasional (J-Hope), penyanyi dengan suara unik dan seorang penari kontemporer (Ji-min), calon aktor dengan visual menawan, mampu bernyanyi di nada tinggi dan sering menyatakan dirinya sebagai the worldwide handsome (Jin), seorang yang selalu mendapatkan sentra perhatian bahkan tercatat sebagai the most handsome of the world in 2020 (V) dan seorang lelaki penuh semangat, anggota termuda dengan kualitas vokal yang jempolan (Jung-kook). Diantara mereka RM adalah yang pertama direkrut dan mendapatkan posisi sebagai leader. Kemampuan RM dalam berkomunikasi, IQ tinggi dan berbahasa Inggris dengan baik menjadikan dia yang paling pantas menjadi spokeperson BTS.

OK. Let’s cover their trending and record breaking.

Ada yang sudah nonton motivational speech RM di sidang umum ke-73 the United Nations (UN) 2018 di New York? I guarantee you must be at the same corner with me. RM is indeed a respectful BTS representative. A gentleman with good voices and a high-quality public communication skill. This event was actually, to me, the number one memorable achievement that we can count in. Dari beberapa video yang meng-cover speech RM ini, banyak sekali native english speaker yang tak percaya bahwa RM hanya belajar bahasa Inggris lewat sitkom Friends. Means that he just made himself fluent in english.

Event di atas menjadikan BTS sebagai grup K-Pop pertama yang diundang untuk melakukan hal ini. Dalam kesempatan itu BTS menyatakan dukungan atas program UNICEF yaitu Love Yourself Campaign yang beragendakan menentang segala bentuk kekerasan terhadap anak muda.

Prestasi ini kemudian dilengkapi dengan pre-recorded speech untuk the United Nations Group of Friends of Solidarity for Global Health Security yang dihadirkan pada September 2020. Kali ini setiap anggota BTS memberikan pendapat pribadi tentang Pandemi Covid-19 dan bagaimana mereka melewati ujian ini sebagai pribadi maupun sebagai public figure yang terjadi akibat merebaknya pandemi ini. Mereka pun mengajak para penonton untuk tetap semangat melewati krisis internasional yang sedang dihadapi.

Membaca lebih lanjut tulisan dari Ed Uy. Journalist ini memulai ulasannya dengan prestasi BTS dari lagu Dynamite. Saat lagu ini meluncur di Youtube, platform ini langsung exploded. Saat premiere, viewersnya langsung meledak dengan 3-4 juta penonton. Angka tertinggi yang dicatat YouTube untuk sebuah gala premiere video lagu. Lagu energik ini juga mencapai 101.1 juta penonton dalam kali pertama 24 jam sejak peluncurannya. Amazing!!

Dynamite juga mencetak prestasi 3 New Guiness World Records dalam 1 hari yang meliputi: most viewed YouTube video, most viewed music video and most viewed video by a K-Pop group in 24 hours.

Selain untuk YouTube, lagu ini juga mencatat 7.778.950 streaming on Spotify, No. 1 di ITunes dalam 8 jam, yang menjadikan BTS pertama yang berhasil mencatatkan diri sebagai K-Pop yang meraih pencapaian terbaik di bidang musik sepanjang masa.

Itu baru Dynamite. Lagu pop-up disco yang mengajak penikmatnya untuk tetap semangat dan bergoyang. Sebuah karya seni suara yang di dibuat oleh seorang penyanyi, penulis lagu dan produser lagu bernama David Stewart asal Inggris. Jadi gak aneh ya kalau lirik lagu yang 1 ini pure berbahasa Inggris.

Ref: Cause I, I, I’m in the stars tonight. So watch me bring the fire and set the night alight (alight, oh). Shining through the city with a little funk and should. So I’m a light (ligth), it (it), up (up), like (like), dynamite (dynamite), woah-oh-oh

BANGTAN SONYEONDAN 방탄 소년단 di Mata Reader's Digest.  A Force For Good BTS A.R.M.Y
Source: Big Hit Official IG @bts.bighitofficial
BANGTAN SONYEONDAN 방탄 소년단 di Mata Reader's Digest.  A Force For Good BTS A.R.M.Y
Bangtan Sonyeondan at Reader’s Digest Asia (page 28-29)

Menyimak kembali apa yang ditulis Ed Uy beberapa hal yang dapat menjadi catatan kita adalah:

  1. BTS sudah mencetak 8 album sejak debut 2013;
  2. Dan 4 album kompilasi;
  3. As of April 2020, BTS sudah menjual 20 juta copy album selama kurang dari 7 tahun;
  4. BTS memegang 13 Guiness World Record termasuk diantaranya adalah group K-Pop pertama yang menduduki tangga lalu teratas di USA;
  5. Twitter Engagements with 29 millions followers all over the world;
  6. Mencatatkan diri sebagai pemegang akun Tik Tok dan langsung mendapatkan 1 juta followers hanya dalam 3 jam 31 menit

Selama masa pandemi, BTS tetap melahirkan album Map of The Soul : 7. Sebuah album yang mencatatkan diri sebagai album dalam peringkat 1 di tangga lagu di lebih dari 20 negara di dunia.

Mereka Yang Mendukung BTS

Who made them successful?

Selain tentu saja usaha yang maksimal, well-maintain management, konsisten, low profile dan brand imaging yang mumpuni, jawabannya adalah PENGGEMAR.

Lebih lanjut Ed Uy mengulas bahwa BTS memiliki basis penggemar yang cukup besar di beberapa negara. Jumlah penggemar dengan angka atau jumlah anggota yang signifikan berasal dari Filipina, Malaysia, Singapura, Amerika, Thailand, dan tentu saja di negara mereka sendiri (Korea Selatan). Penggemar yang datang dari berbagai lapisan umur ini diberi gelar A.R.M.Y sebagai singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth. Dari yang diungkapan oleh Reader’s Digest, saat ini jumlah anggota A.R.M.Y adalah 134 juta orang dari seluruh dunia.

BANGTAN SONYEONDAN 방탄 소년단 di Mata Reader's Digest.  A Force For Good BTS A.R.M.Y
There are lof of BTS fans who are mums and titas (aunties). That would be including me of course

Dalam wawancara singkat yang dilakukan Ed Uy, A.R.M.Y dengan sangat konsisten memastikan bahwa setiap kegiatan idolanya rutin di promosikan oleh mereka. Rapid support yang menjadikan setiap kehadiran BTS di dunia maya meraih engagement tinggi.

Mirza Barcenilla, Founder dari BTS PH, Bangtan Boys Philippines, mengungkapan bahwa, “Besides the usual topics of love, dating and happiness, BTS’s music also tackle things that affect youth.” pendapatnya lagi, “Their lyrics have a social conscience, with them sharing their own experiences and pressures, just like a normal person.”

Ada juga seorang travel blogger bernama Ana Gonzales yang mengenal BTS lebih dulu lewat drakor Hwarang. KDrama yang di dalamnya ada Kim Tae-hyung (V). Terpesona dengan visual V, akhirnya Ana mengulik semua informasi tentang V dan keberadaannya sebagai salah seorang anggota BTS. Dan keputusan bergabung sebagai A.R.M.Y pun moncer setelah itu.

Lain lagi cerita yang didapat dari Mendoza. Saat dia hendak mewarnai rambutnya di sebuah salon, hairdresser salon tersebut mengusulkan Mendoza untuk mengaplikasikan warna Ungu. Kemudian ditunjukkan foto Jung-kook yang saat itu sedang meng-ungu-kan rambutnya. Mabok BTS pun akhirnya tertular dari salon itu.

Anggota A.R.M.Y pun ternyata berasal dari berbagai lapisan loh. Bukan hanya kaum milenial atau ABG aja. Banyak juga yang sudah berusia matang. Mereka ini dijuluki BTS Mums dan BTS Titas (Auntie). Kalau saya kira-kira masuk yang mana ya? Sepertinya BTS Mums lebih cocok. Usia anak sulung saya hampir sama dengan Jung-kook, anggota termuda BTS. Jangan diketawain dulu ya. Dari artikel yang ditulis Ed Uy ini ternyata ada loh A.R.M.Y yang (jauh) lebih tua dari saya.

Salah seorang A.R.M.Y asal US bernama Lynette ternyata sudah berusia 68 tahun. “Bangtan legend says BTS comes to you at a time when you need them and their music the most and in my case. I discovered their music at a time I needed to be reminded to love myself. I was just emerging from a long bout with post-partum depression. I love my daughter, but I lost myself when I became a mum and spent years finding my footing again.” Waahh luar biasa ya ternyata pengaruh musik BTS untuk seorang Ibu (nenek berumur 68 tahun) yang akhirnya bisa lebih mencintai dirinya sendiri setelah menonton speech BTS di hadapan UN.

BANGTAN SONYEONDAN 방탄 소년단 di Mata Reader's Digest.  A Force For Good BTS A.R.M.Y
Is there no stopping the billion-dollar boy band? (Reader’s Digest Asia)

Pencapaian Dari Group Image

Popularitas yang terus menjulang tinggi tentu saja membawa kejayaan finansial. Efek garis lurus yang didapat ketika kesuksesan itu diiringi dengan transaksi dari berbagai promosi yang mereka kerjakan. Belum lagi pemasukan dari kesuksesan mereka mengadakan World Tour di berbagai negara yang tiketnya selalu sold-out hanya dalam hitungan jam. Apalagi di tahun ini BTS go on stock market listing. Initial IPO mereka saja meraup 962.55 billion won atau setara dengan USD 822 million.

Pemasukan lain yang bernilai tinggi adalah melalui berbagai endorsement dan atau promotional activities. Let’s just mention Coca Cola, Puma, Fila, LG Electronics, Hyundai Motoros, Lotte, VT Cosmetics, Lemona, Tokopedia, Bodyfriend. BTS juga secara eksklusif bekerjasama dengan Samsung dengan melahirkan BTS Samsung Galaxy 20+ (edisi khusus BTS berwarna dominan ungu dan link khusus ke media promosi BTS). Satu yang juga tak bisa dilupakan adalah mereka menjual berbagai ragam merchandise dengan berbagai lini produk.

Di akhir artikel, Ed Uy juga menuliskan bahwa Jin yang sekarang sudah berusia 28tahun dan belum pernah melaksanakan wajib militer seperti layaknya semua pria warga negara Korea Selatan, diusulkan agar dapat menunda tugas tersebut hingga mencapai usia 30 tahun. Apalagi saat mengingat bahwa BTS sudah menyumbang USD 4.65 million GDP ke negara. Not a small amount indeed.

BANGTAN SONYEONDAN 방탄 소년단 di Mata Reader's Digest.  A Force For Good BTS A.R.M.Y

Ada diantara para pembaca blog saya yang juga anggota A.R.M.Y? Jika iya, tuliskan siapa BIAS mu di kolom komentar ya. Kalau saya sih pada dasarnya mengagumi semuanya. Tapi ada 2 yang begitu saya gemari. Pertama adalah Kim Nam-joon (Nam-joon atau RM). Kenapa? Karena saya suka dengan pria pintar dan gak banyak tingkah. RM jarang sekali terliput bertingkah aneh. Dan kabarnya kemampuan leadershipnya sangat diakui oleh Hitman dan semua anggota BTS. Kedua adalah Park Ji-min (Ji-min). Wajahnya yang imut, senyumnya yang manis, suaranya yang unik dan kemampuan menari yang luar biasa indah, Ji-min memiliki semua yang bisa diidolakan.

By the way, million thanks to Ed Uy and Reader’s Digest yang sudah menghadirkan liputan khusus untuk BTS. Collector’s edition yang akan tersimpan rapih di personal library saya.

BANGTAN SONYEONDAN 방탄 소년단 di Mata Reader's Digest.  A Force For Good BTS A.R.M.Y

#BTS #BangtanSonyeondan #ARMY #ReadersDigest #CollectorSpecialEdition

18 COMMENTS

  1. Jujur, meski sering banget diidolakan banyak orang, saya masih saja mengira BTS itu Buku Teknik Sipil hahaha.

    Tapi kalau ditanya siapa yang bikin kagum?
    Semua sih ya, mungkin bagi saya, semua orang berprestasi dengan semua kelebihannya itu luar biasa.
    Apalagi jika bisa menginpirasi dunia untuk jadi lebih baik.

    Salut deh :)

    • Hahahaha. Jadi ngakak bener saya mbaca komen Mbak Reyne. Kalau dalam istrilah photography itu BTS = Behind The Scene. Tahap yang menunjukkan bagaimana proses foto itu dibuat.

      Betul Mbak Rey. Karena kekaguman akan perjuangan mereka yang konsisten untuk menaiki tangga kesuksesan itulah saya jadi ngefans sama mereka. Di usia yang masih muda, banyak hal-hal positif yang bisa mereka berikan ke masyarakat (utama anak-anak muda seusia mereka). Contoh yang baik bagi siapa saja.

  2. Aku sukanya V yuk haha

    Mau komen soal tampangnya yang disebut2 CGV(computer graphics visual) sebutan untuk wajah dengan struktur terlangka di dunia, memiliki garis wajah golden ratio, baik secara vertikal mau horizontal.

    V bahkan disebut sebagai mahluk anime yang muncul di dunia nyata, dan terpilih sebagai manusia terseksi di dunia (2019) versi Statometer dan tertampan di dunia (2017) versi TC Candler, mengalahkan sejumlah nama2 beken dunia dan Korea (macam Lee Min Ho, Ji Chang Wook, Lee Seung Gi dll). Seorang ahli bedah plastik ternama Korea Woo Jin Hur sempat menganalisa garis hidungnya dan dibandingkan dengan hidung Leonardo Dicaprio, V paling seimbang. Itu kenapa ia tidak hanya memiliki struktur wajah sempurna bukan hanya di Korea, tapi di dunia.

    Aku pernah nonton dia di drama history, super cute.

    • V memang jawara visualnya. Details wajahnya itu bagai sebuah patung yang lahir dari tangan seorang maestro. Apalagi terus dipoles dengan sentuhan make-up yang natural saat tampil di panggung. Wajah naturalnya juga nyaris sempurna.

      Waktu dia main di drakor Hwarang, aku belum begitu mengenal V dan BTS. Nah setelah mereka tampil di depan UNITED NATION itu aku baru lebih ngeh soal BTS. Dari situ terus browsing tentang mereka. Dan memang luar biasalah anak-anak muda ini. Gak cukup 10 jempol untuk memuji mereka.

  3. Bener nih ya kalau BTS memiliki basis penggemar yang cukup besar di beberapa negara. Kadang klo lagi konser d bela2in Walaupun tuketnya Mahal..salut aja sama mereka bisa dance smbil nyanyi

    • Iya Mbak Utie. Selain basis penggemar yang solid, penampilan mereka juga keren luar biasa. Bahkan sempat merasakan hebatnya panggung di berbagai belahan dunia.

    • Bener banget Mbak Maria. Untuk bisa sampai ke titik ini, tentunya banyak perjuangan yang harus ditempuh. Baik untuk setiap personil di BTS, BTS nya sendiri sebagai sebuah kelompok, dan semua orang-orang yang berada di sekitar mereka termasuk para penggemar. Salut lah.

  4. Aku baru tauuuu kalo A.R.M.Y singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth.
    BTS emang luar biyasaaakkk ya Mba.
    Bahkan, sahamnya BTS juga laris manis tanjung kimpul
    DAEBAAKKK

    • Bener banget Mbak Nurul. Boy-band mendunia yang fenomenal. Sarat dengan prestasi dan masih muda. Luar biasa.

  5. Luar biasa memang the power of ARMY ini, loyal banget fansnya, keren sih sampe masuk dan dibahas di reader’s digest, keren lah korean wave ini, semoga kelak Indonesia juga bisa ya

  6. A.R.M.Y itu singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth wah baru tau dari baca artikel Mbak Annie ini lho… gadis 15 tahun saya pun fangirl nya BTS ini, Army juga. tp skrg udah nambah lg boyband nya NCT dan TXT. Seru ya K-Pop ini, hype teruss

    • Dan saya juga baru tau bahwa tulisan yang bener itu bukan hanya ARMY. Tapi dengan titik diantaranya sehingga menjadi A.R.M.Y. Itu officialnya.

      Perkembangan KPop memang bak air bah di Korea Selatan. Kalau anak saya suka nya MONSTA X dan EXO. Terus terang kalo untuk kualitas nyanyinya ke-2 KPop yang baru saya sebutkan itu lebih berkarakter dan berkualitas dibandingkan BTS. Tapi sayangnya manajemen mereka tidak sekuat dan sesolid BTS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here