ENCOUNTER 남자 친구. Romansa Cinta Mengharu Biru
“Saya sudah mengambil keputusan. Saya memutuskan untuk berjalan ke arahmu, ke dunia dimana tempatmu berdiri sendiri saat ini
ENCOUNTER 남자 친구. Romansa Cinta Mengharu Biru
Best mixed poster Soo-hyun dan Jin-hyuk yang saya temukan di google

KDrama/drakor yang satu ini bagai menemukan 2 idola dalam 1 kemasan apik. Yup. Saya penggemar (berat) Park Bo-gum 박 보검 (Bo-gum) dan Song Hye-kyo 송혜교 (Hye-kyo). Dua pelakon ganteng dan cantik yang actingnya, menurut saya, selalu menghadirkan totalitas dalam setiap drama yang mereka bintangi.

Drakor ini sudah saya tonton 3 kali hingga akhirnya memutuskan untuk menuliskannya di sini sebagai kenang-kenangan. Satu hal yang selalu saya lakukan untuk sebuah film yang begitu berkesan di hati. Meski lebih memilih genre thriller, mystery, atau horor untuk setiap materi tontonan, ada masanya sekali-sekali saya ingin menikmati sajian drama romantis. Apalagi karena ada Bo-gum dan Hye-kyo nya.

Tentang Park Bo-gum 박 보검 di Encounter

Sebagian besar drakor yang diperankan Bo-gum sudah saya tonton. Hello Monster/I remember You (2015), Reply 1988 (2016), Love In The Moonlight (2016), Encounter (2018), dan sekarang yang sedang diputar Record of Youth (2020). Ada juga beberapa film/drakor yang dia hadir sebagai cameo seperti di Itaewon Class, The admiral: Roaring Currents, dan Blind film yang menjadi debut kehadirannya di dunia entertainment pada 2011.

Berbeda dari aktor-aktor Korea yang lain, wajahnya yang baby face habis tidak pernah berubah. Senyumnya dan ekspresinya juga khas banget. Banyak journalist korea menyebutnya Angel Boy. Kenapa? karena dari sorotan para wartawan, Bo-gum seperti lelaki tanpa cela. Wajah ganteng dibalut oleh etika yang baik, sopan, ramah dan selalu nice di hadapan orang lain.

Untuk Encounter, Bo-gum memerankan tokoh Kim Jin-hyuk (Jin-hyuk), pria dewasa berumur 30an tahun dengan tampilan charming dan perlente. Profil yang pas untuk mereka yang berkerja sebagai seorang public relation untuk sebuah hotel. Keren dan gagah mulai dari gaya rambut dan pakaian yang dikenakan.

Lahir dari sebuah keluarga sederhana, Jin-hyuk adalah anak seorang penjual buah, ibunya seorang ibu rumah tangga biasa, dan seorang adik lelaki yang bekerja di sebuah restoran kecil milik teman baiknya. Karakternya periang dan well-acceptable di lingkungan kerjanya.

ENCOUNTER 남자 친구. Romansa Cinta Mengharu Biru
Jin-hyuk saat liburan di Havana, Kuba

Tentang Song Hye-kyo 송혜교 di Encounter

Song Hye-kyo (Hye-kyo) salah seorang aktris Korea yang kabarnya jauh dari pisau oplas. Kecantikannya natural. Wajahnya imut dengan mata bulat yang jarang dimiliki secara natural oleh orang Korea. Hye-kyo adalah senior Bo-gum dalam dunia entertainment. Debutnya dimulai tahun 1996 dan sudah membintangi sederetan drakor populer, seperti Full House (2004), That Winter, The Wind Blows (2013), Descendants of the Sun (2016), dan masih banyak lainnya. Peran yang didapatkan Hye-kyo rata-rata tidak atau dengan karakter yang terlalu menantang. Sebagian besar sih peran yang dimainkannya adalah cewek yang manis. Mungkin karena faktor gesture atau garis wajahnya ya. Memang lebih cocok untuk peran-peran princess-aura.

Untuk Encounter, Hye-kyo berperan sebagai Cha Soo-hyun (Soo-hyun). Seorang wanita mandiri, presiden direktur Donghwa Hotel. Soo-hyun adalah anak seorang politikus Korea yang terkenal, yang kemudian dinikahkan kepada seorang lelaki (Jung Woo-seok/ Woo-seok) dari keluarga berpengaruh dan kaya raya. Soo-hyun akhirnya minta cerai karena diselingkuhi oleh lelaki ini. Sebagai tanda “balas jasa” dan biaya tutup mulut, Soo-hyun diberikan saham besar di Donghwa Hotel yang memungkinkan dirinya menjadi puncak pimpinan di sana.

ENCOUNTER 남자 친구. Romansa Cinta Mengharu Biru
“Apapun yang kamu lakukan dan dimanapun kamu berada, hati mu telah berlabuh di hatiku”

Kisah Cinta yang Mengharu Biru

ENCOUNTER 남자 친구. Romansa Cinta Mengharu Biru
Soo-hyun dan Jin-hyuk bertemu, melampiaskan kerinduan karena terpisahkan oleh jarak
ENCOUNTER 남자 친구. Romansa Cinta Mengharu Biru
“Jika tugas laut adalah membuat ombak, maka tugasku adalah memikirkanmu”

Jin-hyuk dan Soo-hyun bertemu di Havana, Kuba. Saat itu Jin-hyuk dalam rangka liburan, sementara Soo-hyun ada pertemuan bisnis. Mereka tak sengaja secara bersama menikmati sunset di sebuah sunset deck Morro Cabana. Salah satu spot sunset yang kabarnya tercantik di Havana. Soo-hyun sebelumnya sempat kecopetan dan akhirnya menghabiskan waktu malam saat itu bersama Jin-hyuk. Mereka berjalan kaki bersama, makan malam, hingga berdansa di sebuah klub salsa. Pertemuan yang penuh makna dan kesan bagi keduanya.

Episode pertama dari Encounter ini sangat indah dibuat. Saya terkesan dengan saat-saat menjelang dan ketika sunset berlangsung. Termasuk diantaranya ketika Jin-hyuk dan Soo-hyun berjalan kaki menelusuri Pantai Melcano kemudian mendaki menuju Morro Cabana yang berada di puncak bukit. Banyak tempat-tempat menarik dengan design bangunan dan jalan setapak khas Eropa. Totally awesome.
Foto-foto di Morro Cabana ini menjadi bagian promosi Encounter yang sangat mendunia. Saat dimana Soo-hyun dan Jin-hyuk duduk berdampingan menikmati sunset, yang katanya selalu berbeda setiap harinya.

Hubungan mereka berlanjut setelah pulang ke Seoul. Ternyata Jin-hyuk diterima bekerja di hotel Donghwa milik Soo-hyun. Dari hotel inilah fase demi fase mereka lewati hingga akhirnya menumbuhkan rasa cinta diantara keduanya. Soo-hyun yang tadinya bak gunung es, berubah luluh dan periang setelah berkencan dengan Jin-hyuk.

Layaknya hubungan 2 insan yang berbeda status sosial, antara boss dan karyawan, Jin-hyuk dan Soo-hyun pun mengalami masa-masa penuh warna. Yang awalnya diam-diam, heboh di media masa karena ketenaran Soo-hyun, jadi gosip orang sekantor, hingga akhirnya manis penuh kesan dan terbuka kepada publik dan orang-orang terdekat.

Woo-seok, sang mantan suami yang ngebet pengen balikan juga mencoba berbagai cara untuk merebut kembali Soo-hyun. Lewat kaki tangannya, Jin-hyuk dimutasi ke hotel Donghwan di satu daerah yang jauh dari Seoul. Maksud hati ingin menjauhkan sepasang kekasih itu, eh malah cinta Soo-hyun dan Jin-hyuk semakin erat karena terbawa rindu dan terpisah jarak.

Drama ini menggapai puncak ketegangan (klimaksnya) saat Ibu Jin-hyuk mendatangi Soo-hyun secara pribadi dan meminta gadis cantik itu untuk melepaskan Jin-hyuk. Perbedaan strata sosial dan anggapan orang bahwa Jin-hyuk mengejar harta Soo-hyun lah yang membuat ibu Jin-hyuk tak nyaman. Di saat yang bersamaan tekanan-tekanan yang lainpun menyerang Jin-hyuk. Hingga akhirnya Soo-hyun dengan berat hati memutuskan hubungan mereka.

Sampai di titik ini, saya melihat adegan tangis yang sungguh menyayat hati. Soo-hyun menyampaikan kata putus di sebuah cafe dan berbicara dengan sangat hati-hati. Ekspresi terkejut dan terpukul dimainkan oleh Bo-gum dengan begitu apiknya. Hingga pada satu saat mereka melanjutkan obrolan keputusan itu di ruang kerja Soo-hyun, Jin-hyuk jatuh tersungkur dengan sedu sedan yang bikin saya ikut bercucuran airmata. Pun sampai Jin-hyuk menangis sambil berjalan pulang. Ya ampun saya mendadak ikut menangis tanpa henti. Di adegan ini acting Bo-gum sungguh apik. Patah hati dari sebuah cinta yang sudah mendalam disungguhkan lewat acting dan gerakan tubuh yang penuh makna.

Namun kekuatan cintalah yang akhirnya mengalahkan segalanya. Ikatan hati yang sudah terpaut kuat, mengantarkan 2 insan yang dimabuk asmara untuk bersatu kembali. Soo-hyun pun menyadari bahwa Jin-hyuk adalah pelabuhan terakhir hatinya. Dia menemukan banyak kegembiraan saat mereka bersama. Mengingat setiap detik kebersamaan yang begitu indah. Ingin hidup berdua, lebih memperhatikan dirinya, dan tidak mengindahkan omongan-omongan orang lain yang selalu ingin mengatur jalan hidupnya.

Keputusan ini tak lepas dari usaha Jin-hyuk yang kekeh tak ingin melepaskan Soo-hyun. Satu demi satu dia telatenin termasuk memberikan pengertian kepada Ibunya. Adegan-adegan menyentuh banyak banget terjadi di 2 episode terakhir. Utamanya penokohan Jin-hyuk yang begitu dewasa dan tak ingin mengalah karena keadaan. Karena cinta sejati dan orang yang tepat untuk kita adalah sesuatu yang patut dipertahankan.

ENCOUNTER 남자 친구. Romansa Cinta Mengharu Biru
“Apalagi yang harus ku lakukan di saat semua yang terbaik untuk ku adalah kamu”

Drama Penuh Kemesraan

ENCOUNTER 남자 친구. Romansa Cinta Mengharu Biru
Soo-hyun dan Jin-hyuk setelah mengenakan cincin pasangan

KDrama dengan genre melodrama dan romansa ini, dibuat dalam 16 episode dan ditayangkan pada periode 28 Desember 2018 sampai 24 Januari 2019. Sejarah pertelevisian juga mencatat bahwa KDrama ini pernah dibeli oleh Trans TV dan disiarkan pada 7 – 26 Januari 2019. Estafet dan beriringan dengan pemutaran langsungnya di Korea Selatan. Hingga ada 1 tulisan yang mengatakan bahwa Encounter adalah KDrama dengan rating tertinggi untuk penyiaran selama hari kerja (weekdays) di TV cable Korea Selatan.

Banjir adegan kemesraan penuh warna, ada beberapa shot yang ciamik banget menurut saya:

  1. Saat masing-masing menyatakan cinta dalam 2 kesempatan berbeda. Jin-hyuk menyatakan cintanya setelah beberapa waktu Soo-hyun menerimanya sebagai kekasih. Sementara Soo-hyun baru mengungkapkan rasa cintanya saat Jin-hyuk memeluknya di ruang kerja gadis cantik itu. Di saat itu Jin-hyuk mengingatkan agar Soo-hyun tetap ingat makan diantara kesibukannya bekerja;
  2. Mereka kembali ke Havana dalam waktu kedatangan yang berbeda tapi akhirnya bertemu di sebuah resto tempat mereka dahulu menikmati makan malam. Kenangan lama pun bangkit kembali tapi sudah dengan status yang berbeda;
  3. Keluarga Jin-hyuk mengundang Soo-hyun untuk makan malam di rumah mereka. Sementara di saat yang sama Soo-hyun seharusnya berada di rumah mantan mertuanya untuk mengikuti upacara kematian mantan mertua lelakinya. Pilihan yang sesungguhnya (sangat) sulit bagi Soo-hyun. Tapi akhirnya dia mementingkan cintanya walaupun akhirnya ketidakhadirannya di rumah mantan mertuanya menimbulkan kehebohan;
  4. Ketika Soo-hyun berkendara sendiri mengunjungi Jin-hyuk yang berada di luar kota. Mereka melepas rindu, duduk di pinggir pantai, dan berbagi kebahagiaan;
  5. Saat pesta tahun baru yang diadakan oleh Hotel Donghwa Seoul. Jin-hyuk dijemput oleh supir pribadi Soo-hyun yang begitu setia. Pasangan ini bertemu dan menghabiskan malam bersama;
  6. Kebersamaan mereka di sebuah tempat dengan pohon cemara yang tinggi menjulang. Disini mereka mengenakan cincin pasangan yang dibeli oleh Jin-hyuk.

Masih puluhan adegan yang sangat menyentuh saat Soo-hyun dan Jin-hyuk berdua. Chemistrynya terbangun begitu sempurna dan apik luar biasa. No wonder, drakor yang release tak lama setelah Hye-kyo menikah ini, digossipkan menjadi salah satu pemicu perceraian antara Hye-kyo dan Song Jong-ki (Song Song couple). Apalagi kalau liat sorot mata Bo-gum. Alamak. Benar-benar penuh penghayatan dan bikin hati meleleh. Wajar jika kita menduga Song Jong-ki cemburu. Meskipun pada kenyataannya Bo-gum adalah sahabat baik Song Jong-ki di dalam maupun di luar dunia keartisan.

Rate saya untuk KDrama ini adalah 9/10.

Poin tinggi saya berikan untuk acting Bo-gum, alur cerita yang sederhana tapi berisi, serta tentu saja cinematography nya. Ada banyak pengambilan gambar yang cantik untuk menghibur mata dan menggugah hati. Beberapa di Havana dan beberapa juga di berbagai tempat di Korea Selatan.

KDrama ini diakhiri dengan adegan Soo-hyun dan Jin-hyuk berjalan bersama di Ihwa Mural Village dan Cafe Gaeppul (info saya dapatkan dari blog www.myonniyou.com). Tampak lingkungan dengan jalan setapak yang naik turun khas area tempat tinggal masyarakat Korea. Ada sebuah wall mural yang menampilkan seorang bapak dan anak perempuannya yang sedang duduk. Ending manis dengan menghadirkan sebuah quote berkualitas berikut ini.

ENCOUNTER 남자 친구. Romansa Cinta Mengharu Biru
ENCOUNTER 남자 친구. Romansa Cinta Mengharu Biru
ENCOUNTER 남자 친구. Romansa Cinta Mengharu Biru
Logo Banner Fix Retina

#Encounter #KDrama #DramaKorea #ParkBoGum #SongHyeKyo #RomanticDrama

30 COMMENTS

  1. Senang baca review ini, komplit dengan alasan kenapa Encounter pantas jadi tontonan. Akting pemain yang total, shot dengan latar yang keren, quotes yang bikin jleb…pantesan Encounter jadi KDrama dengan rating tertinggi untuk penyiaran selama hari kerja di TV cable Korea Selatan. Keren memang!

    • Iya Mbak Dian. Sayapun sampe 3x nontonnya. Alur ceritanya, meski sederhana dan awam untuk drama romantis, selalu bikin trenyuh.

  2. Drakor encounter ini daku belum pernah tonton. Cuma daku mirip mbak Annie, kalau seneng dan dapat feel manfaat dari satu drakor bisa berulang hehe

  3. mbak Annie, duh baca reviewmu bikin saya pingin nonton lagi

    Hahaha
    Dua duanya saya suka, tapi saya paling kesengsem dengan kecantikan Song Hye Kyo yang nampaknya semakin cantik.
    Aneh ya? artis lain tambah tua kan tambah meredup, ini sih tambah kinclong walau tambah kurus.
    Hihihi saya ngikutin hampir semua drama Song Hye Kyo

    • Naah naaahhh sama tuh kek aku. Hye-kyo itu makin tua malah makin cantik. Mulus tanpa pori. Keknya laler aja bisa kegelincir tuh di wajahnya hahahaha. Pake apa itu perawatannya ya Mbak hahahahaha

  4. Genre saya banget ini Mba Annie hehe… eh sebenarnya sy rom-com sih sukanya, kl yg full romantic malah kurang suka. Tp dr review nya Mba Annie bikin saya mau nonton ah Encounter ini. Terharu ya sama quote nya, kl jodoh emang gitu ya Mba… di antara semua laki2/perempuan di dunia ini yg begitu banyak, lha kok Allah mempertemukan kita pada seseorang yg sekarang jadi jodoh. Maka mesti banyak2 bersyukur ya. Nice review Mbaa…

    • Saya terdorong nonton Encounter karena Bo-gum dan Hye-kyo nya. 2 aktor favorit saya. Promonya juga waktu itu seru banget. Bo-gum sedang dalam puncak karir dan Hye-kyo yang tak redup kecantikan. Encounter juga come-backnya Hye-kyo setelah menikah. Jadi ikut penasaran hahahaha.

      Bener Mbak. KDrama itu bertabur quote yang meaningful banget. Suka saya catat

  5. Wah, baca review nya langsung wanti2 ke diri sendiri, jangan nonton pas lg PMS. Bisa kebawa baper berhari hari nih. Hihi… Yang saya suka dari drakor tuh ekspresi nya ngga lebay tapi kita tetep bisa nangkap emosinya gitu lho. Suka kebawa sendiri ke jalan ceritanya.

  6. Wah rekomended nih kalau sampe ditonton tiga kali hehee

    Aku tadinya mau nonton tp koq ragu ragu tp abis baca ulasanmu jd ikut nyesss huhuhu

    Lanjut ah nonton

    • Iya Mbak Diah. Kebetulan pulak saya penggemar tokoh2 utamanya. Jadi nonton ini kembali serasa menikmati 2 kegemaran sekaligus. Dan saya suka plot ceritanya. Meski topiknya awam, tidak ada twist yang bikin kita bingung. Just that simple.

    • Iya Mbak Yanti. Sederhana aja topik ceritanya. Tapi kesederhanaan itu yang bikin kita gak capek mikir

  7. Nonton drakor itu menyenangkan dan cepat selesai. Ceritanya juga bagus dan mengharu-biru. Drama encounter ini salah satunya.
    Tapi jujur saya belum nonton. JArang sekali kepikiran nonton drakor.

    • Kalo drama china episodenya panjang2 ya Mbak. Saya juga kurang tertarik dengan episode yang berlarut-larut.

  8. Ceritanya sebenarnya cukup berkesan, tapi entah untuk Aku sendiri kurang dapat feel sama drama ini. Padahal Aku suka dengan Song Hye Kyo
    Untuk park Bo Gum Aku juga suka sama senyum dan ekspresi nya, kayanya sosok lelaki yang lembut. Apalagi kisah kehidupan nyatanya..Aku bisa bilang Ia seseorang yang cukup tangguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here