Selain membaca, menulis dan mengerjakan craft, kegiatan yang sering saya lakukan selama minim beraktivitas luar ruang adalah nonton YouTube. Terkadang (bahkan sering sepertinya) beberapa channel YouTube saya buka sembari menemani kegiatan menulis atau ngecraft. Berasa seru aja pokoknya. Waktu-waktu bekerja jadi gak terlalu hening karena ditemani oleh suara-suara yang muncul dari YouTube. Jadi kalau pas mata ingin beralih atau ada sesuatu yang seru, kepala pun langsung berpindah menghadap sebuah tablet kecil yang memang saya peruntukkan bagi entertainment link. Taruh aja di meja, di samping laptop atau area tempat saya bekerja dengan aneka craft.

Kebiasaan ini sudah berjalan hampir setahun. Setidaknya sejak pandemi eksis di tanah air dari Maret 2020. Karena banyak waktu-waktu lowong di dalam rumah, pilihan untuk nonton YouTube bener-bener jadi penghibur hati. Apalagi saat gak sengaja menemukan beberapa vlog yang lucu dan unik. Pokoknya jenis video yang murni berupa hiburan tanpa harus mikir sebab akibat atau memunculkan efek yang tidak mengenakkan di hati. Namanya juga entertainment kan? Kita lihat, kita nikmati, dengan tujuan menghibur.

Setelah berulangkali berselancar di beberapa akun, tanpa saya sadari akhirnya saya menemukan beberapa akun yang sering saya kunjungi. Content nya pun beragam. Mulai dari traveling, family living, food experience, sejarah dan pengetahuan umum, cerita-cerita inspiratif (terutama dari kalangan anak muda) dan yang memang pure seru-seruan aja. Bahkan kalau lagi iseng saya kadang nonton juga tuh content mukbang menakjubkan yang bintang utamanya sebagian besar adalah cewek-cewek.

Nah dari aktivitas yang berulang inilah akhirnya saya menemukan beberapa channel yang saya sukai, sering saya putar, subscribed pastinya dan menekan tanda lonceng agar terus update akan video-video terbaru mereka.

Traveling Channel

Rick Steves Europe

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya

Tak butuh waktu lama bagi saya untuk mengidolakan Rick Steves (Rick) sebagai presenter traveling yang patut diikuti. Lelaki berusia 66 tahun (saat saya menulis) dan lahir di California, Amerika Serikat ini, memiliki nama lengkap Richard John Steve Junior. Wajahnya yang warm, gesture serta body language dan kualitas suara yang dimilikinya sangat pas untuk seorang pewarta. Dari beberapa sumber tulisan yang saya intip, Rick juga adalah seorang travel writer. Hal ini dibuktikan dengan lahirnya beberapa buku dengan tema perjalanan yang somehow ingin saya miliki dan telusuri.

Caranya dalam membawakan narasi di vlog juga sangat tertata. Santai dan jelas word by word. Appearance dan outfit nya juga tidak berlebihan. Tampak sangat kalau dia begitu menikmati dan mencintai apa yang sedang dia lakukan serta tampil as it is. Kalimat-kalimatnya juga tidak belepotan dan tidak terburu-buru. Berbicara pelan agar publik non-english speaking bisa dengan mudah mengikuti alur cerita yang sedang disampaikan. Salut untuk script writingnya. Bisa jadi teladan nih untuk mereka yang ingin serius bekerja di dunia pertelevisian. Menjadi presenter dan anchor yang berkualitas atau untuk pengembangan skill public speaking.

Rick Steves Europe menurut saya punya keistimewaan yang membedakannya dari tautan sejenis dengan tema yang sama. Penggalian data dan informasi tentang tempat yang dikunjungi atau yang sedang diliput serius dilakukan sebelum take. Bahasannya lengkap banget. Mulai dari sejarah, budaya, lingkungan dan hampir semua aspek kehidupan yang patut disampaikan kepada penonton. Video-videonya juga perfectly clear dengan kualitas dan angle cinematic yang sangat indah. Rick tidak sepenuhnya atau setiap saat bicara di depan layar. Penyampaian data dan info touristic premises yang ada di video juga disampaikan dengan rekaman suara. Tentu saja hal ini dilakukan agar penonton bisa fokus melihat keindahan video yang ada di dalam vlog dan menjadikan channel ini sebagai salah satu rujukan saat kita hendak berkelana di Eropa.

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya

Profesionalitas dan keseriusan Rick dalam dunia traveling disempurnakan dengan hadirnya tautan www.ricksteves.com. Membuka laman ini banyak hal tentang kegiatan perjalanan yang bisa kita temukan dan semua yang berhubungan dengan aktivitas tersebut. Seperti travel trips, watch, read and listen, travel forum, bahkan layanan tour dan shop online untuk memberikan referensi barang-barang yang pas untuk dibawa selama berkelana. Website ini juga menjadi sarana bagi kita untuk mengenal lebih dekat siapa itu Rick. Seorang pria yang sudah 3 dekade mengabdikan diri pada dunia perjalanan, khususnya di negara Eropa.

Ada serangkaian kalimat yang ingin saya kutip dari salah satu vlog yang berjudul Why We Travel. Salah satu video yang terus saya tonton karena meninggalkan makna yang sangat mendalam.

Travel can change our perspective. We discover there’s more to life than increasing its speed. As we experience new things, we paused, we reflect and we let the experience breathe. We travel to learn, to touch the soul(Rick Steves)

Untuk para penggemar sejarah dan nature-loving tourists serta ingin menambah pengetahuan tentang tempat-tempat indah di Eropa, channel ini akan memenuhi semua keinginan Anda. Bersiap-siaplah untuk menyimak, menyelami setiap materi yang disampaikan dan indahnya videography yang ada di dalamnya. Butuh waktu sekitar 1 jam (bahkan ada yang lebih) untuk berselancar di setiap video. So sambil makan popcorn dan segelas penuh soft drink kayaknya pas banget.

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya

The Luxury Travel Expert

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya

Siap-siap tarik napas kalau buka tautan ini. Dijamin mendadak jiwa misqueen bangkit dari hati yang paling dalam (halah). Tapi bener loh. The Luxury Travel Expert (Luxury), sesuai penamaannya aja, jelas-jelas menunjukkan strata dan kasta brahmananya. Gak yakin? Coba aja buka.

Tautan ini dimiliki oleh seorang Doctor (bukan dokter ya) yang memiliki passion dalam pekerjaannya dan traveling. Dari sekian banyak video yang dibuat tidak pernah tampak wajah dari yang bersangkutan. Tapi saya pernah melihat sekilas, di salah satu video, penampilan 2 anak-anaknya yang masih kecil. Begitupun suara-suara yang tidak sengaja terekam di dalam mobil dalam sebuah perjalanan menuju tempat yang akan mereka kunjungi.

Videonya dibuat pure berupa gambar dan serangkaian penjelasan di bagian bawah layar. Rangkaian tulisan yang sangat informatif, rinci dengan kalimat english active yang sangat mudah dipahami. Gambarnya? Sungguh tidak diragukan lagi kualitasnya. Tampak sekali dia sangat paham dalam mengambil details dan apa saja yang perlu disampaikan kepada para penonton. Cus, bikin ngiler dan merasakan bagaimana beruntungnya dia menikmati semua kemewahan yang ada. Baik itu selama di berbagai resort, flight experiences di business class atau first class, bahkan excellent trip di dalam kereta api dan kapal laut wisata mewah. Semua pengalaman istimewa ini juga bisa kita nikmati dalam sebuah karya literasi lewat official website www.theluxurytravelexpert.com

Liputannya sudah melanglang buana di berbagai negara, dan saya sungguh bangga bahwa Indonesia masuk dalam kualifikasinya. Sejauh ini ada 3 daerah destinasi wisata yang sudah dikunjungi yaitu Bali, Jogyakarta dan Jawa Timur. Di Bali sebagian besar video adalah menceritakan tentang beberapa resorts yang memiliki jaringan internasional seperti Amankila – Karangasem, Mandapa – Ubud, Fourseasons – Ubud, Fourseasons – Jimbaran, Bvlgari – Uluwatu, Anantara Resorts & Spa – Uluwatu, Amandari – Ubud dan Banyan Tree Ungasan – Uluwatu. Untuk Jogyakarta ada Borobudur, Amanjiwo hotel yang berada di dekat Borobudur, sementara untuk Jawa Timur adalah Bromo.

Owner dari Luxury sempat memberikan writing statement bahwa dia sangat menyukai semua kemewahan tempat menginap yang masuk dalam jaringan AMAN Group. Selain properti dalam grup ini tak diragukan lagi keindahannya, setiap resorts selalu mengadaptasi kearifan lokal dimana dia berada. Pemandangannya juga selalu outstanding alias memiliki spectacular scenery. Jadi ungkapan we’ll get something equal to what we paid, udah pas banget saat kita menikmati sajian dari Luxury.

Yang ingin menelusuri channel Luxury, berikut adalah jadwal reguler posting content yang dilakukan: SeninTop 10 travel list, Rabureview luxury hotels and business/first class flight, Jumattravel news, guides, contest & tips for luxury travel on budget. Siapa tahu loh dalam sebuah kesempatan contest yang suka diadakan oleh Luxury, kita bisa dapat voucher menginap di salah satu tempat yang menjadi partner Luxury. Kalau saya sih bermimpi dapat 2 tiket penerbangan business atau first class. Kemanapun itu. Aaahh pengen banget deh. Belum berangkat pun saya sudah membayangkan nikmatnya duduk anteng dan dilayani dengan standard mewah.

Family Living

Kimbab Family

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya
Kimbab Family: Mama Gina, Jio, Suji, Yunji dan Appa Jay

Kimbab Family ini sungguh menggemaskan. Sebuah keluarga kecil dari pernikahan antar bangsa, Indonesia dan Korea. Appa (Ayah) Jay berasal dari Korea, Mama Gina berasal dari Indonesia dengan 3 anak yaitu Suji si sulung yang biasa dipanggil Neng oleh Mama Gina, anak kedua bernama Yunji dan yang ketiga namanya Jio (anak lelaki satu-satunya).

Dari yang saya kulik di beberapa sumber informasi, Mama Gina ini dulu adalah sekretarisnya Pak Dahlan Iskan. Jaman beliau menjabat sebagai petinggi PLN. Mama Gina kemudian belajar ke Cina untuk mendalami bahasa Mandarin. Di sanalah perempuan asli Sunda ini bertemu dengan Appa Jay. Mereka menikah kemudian sempat tinggal di Bandung, daerah asal Mama Gina, selama 3 tahun lamanya.

Di setiap video yang mereka buat, Appa Jay kerap berbicara dalam bahasa Korea, sementara Mama Gina berbicara dalam bahasa Indonesia. Selalu ada sub-title di setiap kalimat yang diucapkan oleh masing-masing dari mereka. Jadi setiap vlog bisa dinikmati dengan nyaman oleh masyarakat dari kedua negara. Tapi meskipun mereka berbicara dalam bahasa yang berbeda, kelihatan bahwa mereka bisa saling mengerti. Nyambung aja obrolan. Mama Gina yang memanggil Appa Jay sebagai Akang (kakak lelaki dalam bahasa Sunda) sepertinya nyaman dengan model komunikasi yang mereka bangun.

Sebagian besar isi vlog mereka adalah tentang masak dan makan serta kolaborasi dengan youtuber yang lain. Mama Gina pun tampak begitu lihai meracik semua aneka olahan panganan. Di dapur mereka yang cukup luas, tak diragukan lagi bagaimana Mama Gina memiliki skill meramu bahan masakan dengan begitu baik, entah itu masakan Indonesia maupun masakan Korea. Banyak youtuber dan vlogger yang berkolaborasi dan sempat merasakan masakan Mama Gina, kerap memuji apa saja yang sudah mereka makan. Selain masak dan makan, Kimbab Family sering juga menceritakan dinamika kehidupan keluarga campuran seperti mereka di Korea.

Ketiga anaknya pun tampak begitu cerita saat harus masuk frame. Mereka, menurut saya, adalah anak-anak yang menyenangkan, lucu dan seru. Mama Gina pun terbiasa mengajak anak-anaknya berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Gak heran kalau Suji, si sulung, mudah menerima instruksi Mama Gina dan membalas obrolan Mamanya juga dalam bahasa Indonesia.

Saya berharap agar channel Kimbab Family dapat terus eksis sampai anak-anak mereka dewasa bahkan hingga Appa Jay dan Mama Gina memiliki cucu. Bisa jadi salah seorang dari ketiga anak-anak mereka yang kemudian meneruskan hadirnya Kimbab Family untuk publik melalui YouTube.

Oia, Kimbab Family sudah mengeluarkan sebuah buku loh. Bukunya berjudul Kimbab Family, (Bukan) Kisah Drama Korea yang lahir dari penerbit Mizan. Reviewnya akan saya buatkan di tulisan yang berbeda ya. InshaAllah.

General Knowledge

Sebagai pembaca aktif alias pelahap buku juga penyuka sejarah, saya paling suka mengulik berbagai informasi yang berhubungan dengan pengetahuan umum. Jaman dulu, saat social media belum eksis, saya banyak mengumpulkan buku-buku pengetahuan umum. Seringnya sih direferensikan oleh guru. Dan namanya pengetahuan umum, sebagian besar menghadirkan general knowledge yang didapat dari berbagai daerah atau negara. Bukan materi tentang ilmu hitung-hitungan yang menjadi kelemahan saya (ngaku).

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, informasi berupa hard copies pun terkikis oleh hadirnya media on-line. Sungguh suatu perubahan yang mampu mengubah kebiasaan kita sehari-hari. Termasuk salah satunya adalah kebiasaan membaca menjadi menonton.

Touropia

Saya mengenal channel Touropia dari sebuah pekerjaan menulis. Beberapa hari berselancar di www.touropia.com, saya pun mengadaptasi rasa takjub akan bagaimana mereka begitu rapi menyusun setiap informasi. Best recording and filing ever.

Touropia dengan sangat konsisten menampilkan pemandangan menakjubkan dari seluruh dunia yang kemudian dibagi menjadi berbagai daftar terbaik. Melalui daftar ini, Touropia ingin agar publik bisa mendapatkan referensi tepat dan terlengkap dari tempat, daerah atau negara yang mereka liput. Topik yang dihadirkan pun beragam. Mulai dari landscape, ancient monument, peninggalan sejarah, pulau, fauna, negara dan hal-hal lain yang menarik perhatian publik. Destinasi wisata yang ditampikan pastinya adalah pilihan. Dilengkapi dengan rincian informasi komplit tentang apa yang bisa kunjungi, yang bisa kita lakukan, bahkan mengapa tempat tersebut pantas masuk dalam wishlist traveling kita. Highly recommended untuk rapid traveler yang butuh masukan sebelum melangkah atau first traveler yang ingin mengeksplorasi satu destinasi wisata tapi belum tau akan kemana dan ngapain aja di tempat yang dituju.

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya
Halaman depan website www.touropia.com

Indonesia masuk gak sih dalam liputan Touropia? Masuk dong. Biar cepet untuk nemuin artikel tentang negara kita, pencet tombol DESTINATIONS yang ada di sudut kanan atas home page, lalu cari kolom ASIA. Nah nanti bakal langsung liat satu folder khusus tentang Indonesia. Main folder ini berisikan beberapa artikel seperti 10 Best Islands in Indonesia, 7 Excotic Islands Nusa Tenggara, 15 Best Cities To Visit in Indonesia, dan masih banyak lagi. Judul-judul yang dicantumkan di setiap folder bersinergi, memiliki judul yang sama, dengan channel YouTube mereka. Benar-benar satu information lines yang bertautan dan sangat memudahkan.

Dari tadi ngomongin channel luar negeri terus, adakah channel asli dari negara kita yang saya sukai? Tentu ada dong. Untuk bidang pengetahuan umum saya memilih Invoice Indonesia.

Invoice Indonesia

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya

Invoice Indonesia ini bener-bener channel edukasi yang menakjubkan menurut saya. Banyak hal yang disampaikan, untuk seusia sayapun, cukup mengagetkan. Tautan ini banyak sekali menguak hal-hal tersembunyi yang bahkan terkadang tidak pernah terpikirkan oleh kita. Semacam rangkaian investigasi yang mendalam lalu diolah menjadi pengetahuan umum yang baru untuk pemirsanya. Kalimat “Ah masak sih?” sering banget muncul di hati saya. Apalagi setelah sajian video tersebut mencapai titik klimaks di bagian tengah dan mencapai sebuah kesimpulan di bagian akhirnya.

OK. Let’s start with one example.

Pernah mendengar negara Antigua dan Barbuda? Hayo pasti belum kan? Saya juga baru tahu setelah nonton Invoice Indonesia. Nah, kota yang memiliki luas hanya sekitar 440km2 ini ternyata eksis loh. Dan seperti yang disampaikan total lahan tanah negara ini masih lebih kecil dari Kabupaten Pekalongan yang sekitar 870km2. Antigua dan Barbuda adalah 2 bagian daerah yang menyatu lalu kemudian dilindungi oleh negara persemakmuran di bawah kepemimpinan pusat Ratu Elizabeth II (setelah sempat menjadi negara jajahan Inggris). Pemerintahannya dilaksanakan oleh seorang Perdana Menteri dengan sebagian besar penduduk adalah rakyat berkulit hitam. Tapi meskipun hanya sebuah negara kecil, Antigua dan Barbuda memiliki banyak resort mewah dan menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat populer di dunia.

Penasaran dengan valuable information yang disajikan oleh Touropia? Cus cepetan langsung berselancar ke channel YouTube mereka.

Smart, Young and Inspirative

Siapa sih anak muda Indonesia yang gak kenal dengan Jerome Polin Sijabat (pemilik channel Nihongo Mantappu) dan Gita Savitri Devi (pemilik channel dengan judul yang sama dengan namanya)? Mereka berdua ini tidak sekedar nge-youtube tapi juga memiliki prestasi akademis yang patut diperhitungkan. Jerome lagi kuliah di Jepang, sementara Gita sedang menuntut ilmu di Jerman. Keduanya terlibat dalam major study yang berhubungan dengan kemurnian, kekuatan logika dan keenceran otak. Jerome di Matematika Terapan, sementara Gita di Kimia Murni. Mantab lah.

Jerome, si Japan scholarship awardee, lewat YouTubenya menyajikan kegembiraan, bagaimana melewati hidup di Jepang, bersukacita dengan teman-tema Waseda Boys nya, kegilaan mencoba berbagai makanan (tampak begitu bahagia saat liat temannya kepedesan), mengajak kita keliling Jepang, dan ngajak kita belajar berbahasa Jepang. Perjuangannya untuk sampai pada tahap sekarang ini penuh lika-liku.

Anak lelaki dari 3 bersaudara ini sudah sempat menerbitkan 1 buah buku yang digawangi oleh Gramedia. Buku yang mengurai kisah kehidupan seorang anak yang punya keinginan dan mimpi kuat untuk bisa sekolah di luar negeri. Buku yang laris manis ini, baru sempat sampai di tangan saya setelah melalui proses cetak ke-12.

Baca juga: Belajar Memaknai Arti KEGIGIHAN Dari Seorang Jerome Polin. Sebuah Review dari BUKU LATIHAN SOAL MANTAPPU JIWA

Sementara Gita, sangat saya kagumi karena communication skills nya. Fluent in english dengan pola pikir yang bisa dicontoh oleh kaum muda, terutama para perempuan. Apalagi saat dia membuat video dengan segmen Beropini. Di segmen ini saya mendapatkan seorang anak perempuan, generasi penerus yang energetik, berani mengungkapkan pendapat dengan pilihan kalimat yang pas dan sesuai dengan kenyataan yang ada.

Salah satu contoh opini yang disampaikan oleh Gita yang saya sukai adalah Beauty Privelege: Jadi Orang Cakep Lebih Enak (Beropini eps. 69). Apa yang Gita ulas you accept it or not, it’s damn true. Sebagai salah seorang wanita yang pernah berada dalam jajaran decision maker, saya pernah merasakan bahwa the physical appearances will effect us so much. Terutama dalam bidang pekerjaan yang masih didominasi oleh pria. People will think that we, women, are not capable enough to get the job or be the highest level leader. Menurut mereka perempuan itu, saat dia mencapai kedudukan tertentu, adalah mereka yang lebih mendahulukan perasaan ketimbang logika. Saya admit bahwa hal itu ada benarnya, tapi banyak juga loh perempuan yang even can lead better than men.

Tidak seperti Jerome, Gita juga adalah seorang writer/blogger yang piawai dalam menulis. Beragam pemikiran dan pengalamannya dia tulis dengan sangat apik di blog miliknya a cup of tea, www.gitasav.com. Blog inipun sukses membuat saya berhari-hari membaca, mendalami setiap diksi yang dia rangkai, dan menemukan bahwa diri saya (sangat) menghargai apa yang terlintas di benak seorang gadis kelahiran 1992.

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya
Photo source: Gita (pinterest), Jerome (www.popbela.com)

Food Experiences

Salah satu topik yang kayaknya wajib kita simak. Bahkan dalam sebuah perjalanan apapun itu, kehadiran kuliner pastinya turut melengkapi kisah traveling itu sendiri. Bahkan untuk sebuah staycation. Apart from the premises facilities, food and beverage jadi bagian terpenting dari pengalaman ini. Setuju kan?

Nah, untuk yang satu ini saya ada 3 akun Youtube yang sering banget saya tonton yang berisikan konten khusus tentang penyemangat rasa dan ide untuk nongkrong, menikmati hiburan lidah.

I Will Always Travel for Food

Dari judulnya aja udah tendensius banget bahwa di pemilik akun menggilai dunia kuliner. Travel baginya adalah tentang makanan. Pengalaman menjelajahnya di negara Jepang. Mulai dari streetfood, supermarket, hypermarket, makan di fasilitas transportasi (kereta api Shinkansen), dan lain-lain. Videonya hanya menampilkan gambar dengan caption yang pendek-pendek tapi tetap informatif. Makanan yang dinikmati juga banyak macamnya. Sebagian, bahkan mungkin hampir semuanya, menampilkan makanan khas Jepang dengan rincian harga dan ingredients yang ada di panganan tersebut plus tentu saja dimana makanan itu dia nikmati.

Lewat channel ini juga, saya yang tadinya lebih tertarik untuk ke Korea lebih dulu ketimbang ke Jepang, mendadak jadi memutuskan kebalikannya. Mudah-mudahan ya Allah SWT dan semesta mengijinkan saya menginjakkan kaki di negara matahari terbit ini begitu ada rejeki lebih. Tentu saja pengennya pergi bersama suami dan anak-anak tercinta.

Food Kingdom

Bersiaplah untuk terkagum-kagum saat membuka tautan ini. Food Kingdom mengajak kita untuk menelusuri berbagai produsen makanan yang memang memiliki bisnis di bidang ini. Food Kingdom menyajikan proses hadirnya sebuah produk makanan dari awal hingga akhir. Dia bisa menyentuh dapur, dimana sebuah rahasia sajian ada di dalamnya. Makanan yang dibuat juga bersifat masal, dalam jumlah banyak, yang ditangani secara profesional dengan peralatan yang cukup canggih. Jadi channel ini meliput soal pabrik bukan sekedar penjaja makanan.

Jika I Will Always Travel For Food berkeliling Jepang, Food Kingdom menyajikan kekayaan kuliner Korea. Mulai dari kue-kue, permen, makanan ringan (tapi tampak heavy) dan berbagai sajian berat yang sudah populer di dunia seperti Tteokbokki, Kimchi, Ramyeon, Yangnyeom Chicken (Korean Fried Chicken), Kimbap, Bibimbap, Jajangmyeon, Bulgogi, dan lain-lain. Shootingnya tampak serius dan fokus, pure liputan, tanpa caption. Jadi membiarkan kita fokus pada video aja.

Mark Wiens

Saya menyukai cara penyajian Mark Wiens (Mark) di setiap content yang dia buat. Wajahnya yang penuh senyum tampak selalu ramah menyapa setiap orang yang dia ajak bicara. Lahir di Amerika dengan orang tua yang bekerja sebagai misionaris, Mark sudah mengalami perjalanan hidup di berbagai negara. So no wonder kalau dia tampak begitu supel dan gampang membaur dengan orang-orang yang ada di sekitar dia.

Mark menyatakan diri sebagai Migrationology. Yang dalam presepsi yang dia bangun adalah seorang melakukan sesuatu berdasarkan passion (gairah atau sesuatu yang sangat disukai), terus mempelajari dan mengembangkan passion tersebut. Well, jika benar adanya seperti saya juga masuk dalam golongan ini.

Mark yang saat ini tinggal di Thailand, belakangan banyak mengulas aneka kuliner tradisional yang ada di berbagai daerah di negara ini. Negara yang juga adalah tempat kelahiran istri dan anak lelakinya. Mark makannya di pelosok-pelosok, masakan buatan atau ala rumahan, autentik dan legendaris, yang dia rekam sendiri menggunakan actioncam. Lelaki berkewarganegaraan Amerika ini begitu rinci menjelaskan apa yang dia konsumsi. Bahan-bahan apa yang ada di menu tersebut dan menjelaskan tentang autentisitas dari kuliner yang dia nikmati. Jadi tidak sekedar bilang “enak” atau kata-kata atau kalimat formalitas, standard, tanpa ulasan yang mendalam seperti banyak acara-acara makan/kuliner yang ada di jaringan televisi kita. Mark juga cukup sopan menyampaikan ketidaksukaan atau kekurangan nilai sebuah kuliner lewat pemilihan kata yang tepat.

Yang paling saya sukai dari Mark adalah bahwa menikmati kuliner istimewa itu tidak selalu bicara tentang restoran mewah atau tempat yang cozy dengan fasilitas-fasilitas VIP. Mark yang sumeh ini justru mengajak kita melihat dan melebur dengan pedagang makanan dengan dapur dan peralatan sederhana. Dia pun berani mengeksplorasi pengalaman indera perasanya dengan mencoba masakan yang tak umum. Tapi itu jadi kelebihannya.

Mark mentasbihkan dirinya sebagai Eater, Author dan Video Producer. Diapun rajin menulis pengalaman dan pendapatnya di blog nya www.migrationology.com

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya

Fun Content

Nadia Omara

Kalau channel yang satu ini saya pilih murni karena keseruannya. Seorang story teller yang ciamik dengan gaya cerita yang asik dan selingan-selingan kalimat yang bisa bikin kita ngakak. Nadia menggunakan kata Wak untuk memanggil mereka atau audience yang sedang menonton content yang dia buat. Saya kurang tau daerah asal kelahiran Nadia, tapi kalau menilik dari intonasi dan gaya bicaranya, kemungkinan besar Nadia berasal dari Sumatera Utara (Melayu Medan).

Dengan tampilan yang sederhana, Nadia mengajak kita untuk mengikuti berbagai kisah yang banyak menjadi sorotan masyarakat, dari dalam maupun luar negeri. Mulai dari cerita horor, konspirasi, dan tragedi pembunuhan yang terjadi di berbagai belahan dunia. Salah satu content favorit saya adalah Konspirasi Kematian Putri Diana, Kematian Sudah Direncanakan? Salah satu kasus yang memang melahirkan banyak pertanyaan dan misteri. Melengkapi rangkaian ceritanya, Nadia menghadirkan foto, film atau liputan dan potongan-potongan suara kesaksian curatan hati dari Diana. Terutama saat dia menemukan suaminya masih belum bisa mengalihkan cinta dan perhatiannya pada Camilla Bowles. Cinta lama, cinta sejati, yang tak bisa suaminya (Prince Charles) lupakan.

Satu lagi yang seru adalah bahasan tentang Akhir Kisah The King of Pop, Michael Jackson. Berita tentang proses kematian dan konspirasi yang terjadi di baliknya sempat menggemparkan dunia. Begitu banyak teori yang pelan-pelan terungkap diiringi dengan beberapa bukti yang satu demi satu bermunculan. Irama cerita Nadia untuk kisah yang satu ini sangat menarik dan bener-bener bikin penasaran.

Semakin kesini, gaya cerita Nadia makin kocak. Terutama saat menceritakan kisah perselingkuhan atau pembunuhan terencana yang bikin geregetan. Slip of tounge yang kadang terjadi selama rekaman dibuat pun tidak dipotong. Disini nih saya sering ngakak. Apalagi liat gesture dan ekspresi wajahnya yang sangat ekspresif.

You’ve made my day brighter Nadia.

Fadil Jaidi

Pada setuju gak sih kalau saya bilang si Fadil ini orang usil?

Dari wajahnya aja sudah nampak usilnya si Fadil ini. Terutama saat dia mulai mengganggu Ayahnya. Fadil usil sementara Ayahnya sumbu pendek. Ada aja ide Fadil untuk mengusili Ayahnya. Bikin ngakak nauzubillah pokoknya. Sang Ayah meskipun gatel pengen nyubit, terkadang terlihat nabok dan ngejar Fadil, tetap aja menerima keisengan anaknya. Kolaborasi inilah yang menurut saya menjadi daya tarik utama kanal YouTube nya Fadil.

Satu yang saya sangat suka dari Fadil adalah selalu mengingatkan penonton untuk sholat. Salut untuk Fadil.

The Last But Not Least

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya

Yeaaahh. We will talk about Bangtan Sonyeondan.

Sebagai seorang ARMY MOM sejati, gak mungkin lah ya melewati segala macam berita tentang Bangtan Sonyeondan a.k.a BTS yang bisa didapat lewat YouTube. It’s a must gitu loh. Harus update ngapain aja itu bocah-bocah keren.

Terus terang kanal tentang BTS ini bejibun banyaknya. ARMY di setiap negara bikin akun masing-masing. Belum lagi para penggemar di Indonesia yang dengan kreatifnya melahirkan video-video editing, melakukan dubbing menggunakan suara-suara cempreng dan konyol, menciptakan jalan cerita yang lucu, plus memberikan julukan-julukan untuk setiap anggota BTS yang lagi-lagi bikin ngakak. Kadang pengen deh marahin kelakuan konyol si pembuat video. Tapi kok ya selalu bikin saya tertawa lepas tak tertahankan.

Kelakuan lucu juga seringnya bukan hanya terjadi pada video editan. Sesungguhnya setiap member BTS juga terlahir kocak tanpa ampun di official content mereka. Bahkan savage nya Suga juga bikin geli. Belum lagi tingkah-tingkah mereka bermain dan menerima banyak tantangan yang dibuat oleh manajemen seperti dalam link BTS RUN. Mereka tampil apa adanya, layaknya lelaki usia muda yang lagi jahil-jahilnya. Satu dari sekian banyak selingan kegembiraan hati yang mengisi celah diantara kerja keras mereka di panggung. Seneng loh liat keakraban mereka. Teman rasa saudara.

Oia, saking banyaknya kanal yang ada, saya sampai tidak mengenali kanal mana yang sering saya klik karena setiap channel terkadang, sejauh pengamatan saya, sering melahirkan video-video yang isinya sama. Hanya saja setiap video dimodifikasi sesuai selera masing-masing. Tapi yang sering saya tonton itu adalah BANGTAN BOMB, BTS RUN, BANGTAN TV, dan BTS dengan tulisan Hangeul dan bulatan berwarna kuning. Yang pasti dari official YouTube BTS mendapatkan Diamond Creator Award alias Diamond Button. Pencapaian yang tentunya luar biasa.

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya
BTS Minus Jimin, si Mochi lucu. Kalau liat MV nya sih dia lagi umpetan tuh di belakang Jin Hyung.

Semua channel di atas sudah membuat hari-hari saya lebih berwarna. Menghibur dengan berbagai isi, topik dan cerita yang terkomposisi indah bagai pelangi. Pilihan saya tidak terpaku pada jumlah subscriber yang dimiliki kanal tersebut, seberapa banyak viewernya atau seberapa populernya mereka yang memiliki akun yang saya tonton. Tapi lebih kepada kecocokan selera. Maklum sudut pandang emak-emak golden age seperti saya pastilah berbeda dengan generasi-generasi sekarang.

Ada yang belasan atau puluhan juta subscriber, namun gak pas di hati saya. Kontennya menurut saya datar, hanya menampilkan kekayaan, show-off sedekah, atau melahirkan menu-menu setingan. Yang kalau orang bilang itu “demi konten”. Nah yang seperti ini sudah pasti lewat dalam kualifikasi tontonan saya.

Kalian punya referensi channel YouTube yang seru dan menarik untuk saya tonton? Please feel free to write it/them down in comments below ya.

Keseruan Hakiki Bersama Beberapa Channel YouTube Pilihan Saya

#YouTube #RickSteves #FoodKingdom #KimbabFamily #Touropia #InvoiceIndonesia #JeromePolin #GitaSavitriDevi #BTS #NadiaOmara #FadilJaidi #MarkWiens #IWillAlwaysTravelForFood #TheLuxuryTravelExpert

41 COMMENTS

  1. Saya sudah cek situs Ricksteves kak, wew keren banget tampilannya, dan konten2 tentang perjalanannya ke penjuru Eropa patut jadi bahan referensi ya kak.

    Hobi kak Annie sama kayak ibu saya yang juga kerja sambil nonton film youtube, baca sampe denger2 radio hehe…ya gpp ya kak untuk refreshing juga yang penting kerjaan beres dan tetap produktif..

    Makasih kak annie tulisannya, sudah kubaca ya, enak bacanya…ngalir coyy :D

    • Channel Rick Steves Europe memang professional banget. Tambah menyenangkan karena mereka juga membuat official websitenya. Jadi ada banyak part yang bisa kita baca.

      Wah jangan-jangan ibunya seumuran saya itu Mas Wahid hahahaha. BTW makasih untuk complimentnya. Tulisan Wahid juga selalu enak dibaca.

    • Iya. Paling suka akun traveling. Apalagi nontonnya pas pandemi gini. Jadi berasa ikutan jalan-jalan.

      Wah keren Mbak Farida. Saya baru tau negara Antigua. Yang unik yang saya tahu itu Trinidad dan Tobago. Kebetulan dulu punya boss warga negara sini.

      Keren si Gita memang. Young and smart.

    • Hahahaha. Kalo masak memasak, suami yg suka Mbak. Kalo saya senengnya yang jajanan.

      Ntar cari ah Nessie Judge. Thanks referensinya Mbak Maria

  2. KerenΒ² mbak channelΒ² youtubenya. Aku sendiri baru nonton Nihongo Mantappu & Kimbab Family. MudahΒ²an bisa nonton juga channel2 yg mbak sebutkan dalam tulisan ini.

  3. senang ya mbak klo ada banyak chanel YouTube yang sangat menghibur seperti ini
    chanel chanel yg mbak tulis disini nggak hanya menghibur ya tapi juga memberi banyak informasi dan inspirasi
    aku suka nonton kimban family mbak

  4. Keren semua nih channel YouTube nya, penasaran juga ini dengan Kimbab Family, yang Rick Steves itu emang kelihatan warm ya pembawaannya.
    Nanti mau lihat juga ah rekomendasi channel-channel ini.
    Saya sebenarnya jarang nonton YouTube, sekarang malah lebih sering lihat channel anak-anak, secara mendampingi anak nonton juga.

    • Saya juga semenjak pandemi nih jadi sering nonton YouTube. Dulu-dulu jarang banget.

      Ah, kalau masih punya anak-anak di bawah 10tahun memang pilihan channel dikuasai oleh anak-anak ya Mbak.

  5. Woaaa banyak banget kak referensi nya, jujur aku lebih suka buka video zumba, bts drakor, ost drakor, ceramah dan tutorial menggambar. Kalau butuh aja buka yang traveling gitu, soalnya kalo buka travel vlogger gitu suka kabita hehehe jadi ditahan aja

  6. AKu tertariknya sama Invoice Indonesia mba… eyecatching namanya, kini aku juga menyelami channel youtube itu :) makasi mba rekomen channel2 nya

  7. Kimbab Family aku sempat nonton tuh beberapa hari lalu di tv manaaa ya lupa hehe. Kolaborasi yang begitu apik deh pernikahan mereka. Anak2nya mesti bisa dua bahasa, dipraktekkan juga sehari2. Keren banget cerita riil mama Gina dan papa Jay ini. Bisa menjadi contoh positif buat kita nih. Yang lainnya nanti bakalan aku lihat deh, apalagi yang luxury travel itu ya, duuh bawaaannya mau jalan2 eksklusif aja hahaha aamiin aja dulu.

    • Kimbab memang seru. Kalau aku sih salut dan ngiler liat Mama Gina yang bisa masak apa aja. Dan keliatan hasil masakannya enak tuh.

      The Luxury Travel Expert memang bikin ngences. Semua fasilitas yang direkam semua luxury. Mewah dan bikin ngiler.

  8. Wah banyak ya mba channel yang suka ditonton. sama saya juga suka kayak sekarang blogwalking sambil liat video tentang minimalist lifestyle dari Devi Melissa. hehehe.. dan pingin nonton yang channelnya Kimbab itu kayanya seru banget yaaa nonton kisah pernikahan berbeda negara dan culture

  9. Asik endingnya ada Bangtan 🀩.
    Yang Erick Steves jadi pengen lihat channel-nya, apalagi dia memasukkan negeri kita ini, kan jadi membanggakan juga. Kalau yang Kimbab daku pernah denger, walau belum pernah berkunjung ke channelnya

    • Bangtan selalu di depan hahahaha.

      Erick Steves khusus membahas soal tempat-tempat wisata di kawasan Eropa. Kalau yang memasukkan Indonesia dalam listnya adalah The Luxury Travel Expert.

  10. Refrensi channel nya menarik banget semua. Dan ada beberapa juga yg aku tonton tapi ga rutin seperti keluarga lintas negara (mommy gina dan appa Jay) juga Faidil yang iseng
    Nah klo Bangtan TV selalu lihat apalagi klo ada notif terbaru :D
    Tapi aku baru tau ada channel Invoice Indonesia ini menarik banget dari keterangan nya.
    Mau langsung berkunjung dah

    • Invoice Indonesia menurut saya keren. Channel sarat pengetahuan umum. Bagus buat nambah-nambah ilmu

  11. Aku salah satu subscriber Kimbab Family dari lama dan selalu suka konten-konten di sana. Anak-anaknya juga lucu-lucu, mana kemaren kolaborasi sama ShiNee, keren pokoknya

    • Iya. Keren ih bisa kolaborasi dengan ShiNee. Semoga suatu saat bisa ngobrol bareng Bangtan

  12. Selain Kimbab Family, saya baru tahu nih akun-akun YouTube channel traveling pilihan Mba Annie. Bisa jadi referensi baru dong ini, secara saya Youtuber sejati. WKWKWK. Apalagi suami tuh, kayaknya udah lama kita lupa sama TV.

    Adududu, ternyata Bangtan Mom yaaa Mba Annie ini. Jangan-jangan serumah, sampai ke istri anak juga sama nih 😁 Detail banget penjelasannya khusus channel YouTube yg membahas smw tentang RM dkk.

    • Hadirnya YouTube jadi bikin semarak waktu-waktu luang yang harus di rumah aja. Serulah pokoknya.

      Hahahaha. Saya sudah jadi anggota ARMY sejak 2018. Tepatnya saat BTS diundang jadi pembicara di forum sidang PBB. Salut banget dengan cara RM (Kim Nam-joon) berbicara dalam bahasa Inggris yang sangat fasih. Isi pidatonya pun berbobot dan mewakili pendapat dari kaum muda yang ada di dunia.

  13. Ya ampiuun pantesan Yuk Annie artikel blognya tentang traveling atau tentang apapun enak dibaca semua, referensi kanal Youtube nya aja keren2 nih… Oya beberapa hari yang lalu Kimbab Family diliput di CNN Indonesia tentang lebaran di Korsel, keren banget emang mereka yaa, suka dehh

    • Seneng aja nonton beberapa referensi traveling yang sangat menginspiratif itu. Meski belum bisa traveling bebas seperti dulu, setidaknya ada yang mengajak kita wisata virtual hahahaha. Aaahhh rindu banget deh jalan-jalan ke destinasi wisata alam.

      Aaahh iya bener. Saya juga sempat nonton wawancara Kimbab family dengan 2 anggota Shinee. Mudah-mudahan dengan perantara Hansole, keluarga ini bisa bertemu dengan BTS

  14. yaaaa … keliatan ya kalau minat orang nonton itu berpengaruh besar pada upgrade diri dan skill!

    Iya aku juga suka Mark Wiens tapi mostly aku senang dengan segala sesuatu yang berbau seni dan upgrade rumah

    • Seru memang ya topik tentang seni dan upgrade rumah. Apalagi terus melihat before dan afternya. Duuhhh bikin ngiler banget itu ya Tan.

    • Yuk ditonton Mbak Yelli. Seru-seru content nya. Bener-bener hiburan berkualitas di saat dilanda kebosanan selama terkurung di rumah

  15. Saya juga suka berkunjung ke channelnya Kimbab family dan Gita Savitri.

    Saya dan anak-anak juga suka ngikuti videonya keluarga catur guna ang (zara cute, little kenzo). Gara-gara lihat salah satu video keluarga ini yang jalan-jalan ke taman safari, Toto jadi pingin piknik juga ke taman safari. Sering banget bilang “Ntar kalau udah nggak korona, kita ke taman safari ya, bawa wortel”

    Emang ya youtube itu bisa ngasih hiburan dan nambah pengetahuan juga.

    • Wah ntar coba tak cari akun CATUR GUNA ANG. Secara baru Kimbab Family, satu-satunya channel keluarga yang saya tonton. Makasih referensinya Mbak Nanik

  16. dari sekian list mba annie, akhir akhir ini aku cukup sering nonton kimbab family, awalnya karena nggak sengaja lewat aja itu channel di laman youtube aku, pas aku klik kok ya seru ternyata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here