PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian
Sajian Komplit khas Warung Padang

Sejak mengintip foto-foto ciamiknya di IG @padangmerdeka, saya langsung tergoda. Bukan cuma karena hasil fotonya yang menggugah selera, tapi juga karena jarang saya liat warung padang aware akan promosi kekinian.

Kalau soal rasa sih hakul yakin banyak yang suka. Secara. Masakan padang itu favoritnya orang kita. Kegemaran sejuta umat. Restonya juga menyebar sampai ke pelosok. Jadi kalau berada di satu tempat yang jauh dari mana-mana dan kita gak/kurang yakin dengan makanan setempat, musti milihnya ke warung padang aja supaya aman.

Tak butuh waktu lama meyakinkan suami untuk mencoba resto yang satu ini. Sambil mengajak anak-anak yang masih dalam episode liburan sekolah, kami sekeluarga meluncur ke Resto Padang Merdeka yang ada di seputaran Tebet. Pilihan lokasi yang memudahkan dari dan ke Cikarang dimana kami tinggal.

PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian
Padang Merdeka | Cita Rasa Indonesia

Berada tak jauh dari stasiun KA Tebet, signage besar Padang Merdeka Cita Rasa Indonesia, menyambut kedatangan kami. Parkiran tampak penuh. Petugas parkir keliatan repot mengatur kendaraan di lahan yang sangat terbatas. Karena mobil kami berada di lapisan ke-2 parkiran, si bapak sangat berusaha mengingat wajah suami. “Nanti saya panggil ya Pak kalau mobil depan mau keluar”. Suami mengangguk takzim.

Beranjak dari parkiran, sambutan ramah, sopan, dan bersahaja menyambut kami di pintu depan. Seorang petugas membukakan pintu kaca yang menguasai tampak depan resto. Wajah cantik dekorasipun langsung merajai indra penglihatan. Di bagian depan ada counter Wis Ngopi Sekopi Seroti dan beberapa meja serta tempat duduk untuk 4 orang tamu. Sementara di sisi kiri pintu masuk ada dekorasi dinding 3 dimensi bertuliskan padang merdeka dan deretan panjang tempat duduk. Saat kami datang kursi ini dipenuhi oleh beberapa abang-abang grab (food) berderet mengantri. Pihak resto menyediakan teh dalam galon kaca besar dan tumpukan gelas-gelas tinggi untuk mereka yang menunggu. Compliment yang patut diapresiasi.

PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian
Wis Ngopi | Sekopi Seroti

Kami langsung diarahkan menempati tempat duduk dengan kapasitas 4orang, space non-smoking yang tak jauh dari meja kasir. Beberapa langkah dari meja kami, ada dinding panjang bertuliskan dan berlukiskan Jalur Rempah Nusantara. Sayangnya saya tidak bisa memotret lukisan ini secara keseluruhan karena tertutup kotak-kotak kertas untuk take-away services dan meja panjang berkaca tempat menaruh aneka masakan. Padahal lukisannya informatif banget loh. Ada beberapa poin yang bisa menambah pengetahuan kita tentang kekayaan rempah-rempah Indonesia dari jaman dahulu kala. Bumbu masak yang merupakan bagian penting dari lahirnya hidangan ala sumatra barat yang kemudian mendunia, menjadi rebutan negara-negara Eropa, hingga melahirkan masa penjajahan selama ratusan tahun.

PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian

Bersebelahan dengan lukisan ini, ada lagi 1 wall mural yang menurut saya mengilhami penamaan resto. Wajah proklamator RI, Bung Karno, berkopiah hitam dengan ekspresi lantang layaknya seorang orator ulung, sangat ekspresif terlukiskan. Mendampingi wajah beliau ada rangkaian kata-kata bijak dalam ejaan republik. Bangsa jang besar adalah bangsa jang menghormati jasa pahlawan. Moto yang sudah tepatri di otak saya sejak mempelajari ilmu sejarah sedari SD.

PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian
Wall Mural Bung Karno
PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian
Jejak-jejak sejarah dalam bentuk barang-barang lama

Melengkapi nuansa kemerdekaan dan kebangsaan, termasuk sejarah, di dinding terujung resto, ada tumpukan bata tanpa plester yang dicat merah putih. Di dinding ini dipasang banyak replika benda-benda masa lalu yang kalau diperhatikan bersinggungan dengan jaman perjuangan, seperti sepada ontel, pistol, belati, baju, tv, radio, mesin tik, tas, dan lain lain. Sudut cantik istagramable yang wajib didokumentasikan. Mana ada nih warung-warung padang lain yang seperti ini. Ya kan?

PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian

Yok. Sekarang ngomongin soal menunya.

Apa sih yang gak enak di warung padang? Meskipun terkenal sebagai makanan sarat kolesterol karena diolah dengan santan, masakan padang itu selalu ngangenin. Setidaknya untuk saya dan keluarga. Lalu apa sih bedanya masakan di Padang Merdeka dengan resto padang yang lain?

Pertama adalah setiap sajian, dalam mangkok, dicover dengan plastik wrapping yang rapat. Selain dengan tujuan kebersihan, ini menghindari konsumen untuk nyoel-nyoel gak perlu ke mangkok lain tanpa dihitung. Sering terjadi soalnya, kuah lauknya habis, eeehh lauknya masih utuh. Jadi apa yang kita inginkan dan sudah kita makan mudah ditandai dengan terbukanya plastik wrapping tersebut.

Kedua adalah hadirnya menu-menu khas Padang Merdeka. Seperti sayur daun singkong tumbuk. Sayur yang setahu saya adalah juga ciri khas masakan Medan/Sumatera Utara. Kalo di Medan singkok tumbuk dipadu dengan ikan teri atau ikan yang lain, sementara di Padang Merdeka pure sayur singkong aja. Untuk saya yang pernah dibesarkan dan bergaul dengan lingkungan Batak, ketemu masakan yang satu ini, senengnya minta ampun. Endes maksimal. Satu lagi yang saya suka adalah ayam pop dengan bumbu cabe ijo. Taste khas ayam pop yang manis gurih bercampur dengan rasa cabe non-pedas. Meskipun pengerjaannya tampak simpel tapi resapan bumbunya terasa sampe ke tulang. Kemudian saya juga mencoba oseng pare. Dipotong tebal-tebal dan krenyes-krenyes pas digigit. Gak pahit sama sekali. Setidaknya kandungan pare bisa mentralkan “beratnya” masakan lain yang sarat santan. Anak saya mencoba perkedel. Sebagai penggemar olahan kentang, perkedelnya Padang Merdeka renyah pake banget. Meskipun berukuran lumayan besar, bumbu yang tercampur di dalam kentang tumbuknya terasa gurih dan manis sempurna. Dan ah satu lagi. Olahan jengkolnya rancak bana. Tak berbau, lembut, dan lezatos tak terkira.

Oia, untuk nasi, di sini juga ada loh nasi merah. Saya taunya belakangan, saat meja sebelah memesan nasi penuh serat ini. Jadi buat yang ngeper sama kandungan gula di nasi putih, bisa menggantinya dengan nasi yang satu ini. Dan satu lagi, kerupuk jangek atau kerupuk kulit. Mondar mandir tak henti saya lihat, kerupuk ini disiram dengan kuah kuning santan. Beeeehhh pelengkap dan penyempurna semua santapan kali itu.

PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian
Kerupuk jangek siram | Foto diambil dari IG @padangmerdeka
PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian
Roti bakar susu keju

Masih inget kan tadi di bagian depan ada counter Wis Ngopi Sekopi Seroti? Nah, selesai meluluhlantakkan nasi dan kawan2nya, salah seorang waitress menawarkan aneka menu roti untuk dicoba. Waaahh. Dari foto-fotonya aja sudah meluruhkan air liur. Meskipun perut sudah full tank, lidah kok ya masih tergoda. “Pesan aja. Cobain dikit, nanti sisanya kan bisa dibawak pulang”. Gitu kata suami. Yoweslah, mari kita cobain.

Pas rotinya datang, jujur saya tidak begitu bersemangat, karena tampilan fisiknya B aja. Roti tawarnya persis dengan roti edisi jaman baheula. Panjang/tinggi dengan bagian ujung setengah lingkaran. Tidak seperti roti tawar jaman sekarang yang bentuknya kotak. Tapi begitu merasakan gigitan pertama, amboi mantabnya. Buat saya yang memang penyuka bakery (apa sih yang gak suka?), kualitas rotinya patut diacungin jempol. Dengan isi keju dan susu aja, endesnya tak terbilang. Apalagi kalo dibarengin dengan secangkir kopi. Pantaslah kalau di counter Wis Ngopi ditambah dengan jargon Sekopi Seroti. Jadi kalau suatu saat enggan makan nasi padang, atau ketemu dengan waktu sore hari plus ngobrol-ngobrol santai, roti dengan isi berbagai rasa ini bisa jadi andalan yang pas.

Oia, sekedar tambahan informasi, Padang Merdeka sudah banyak loh outletnya di Jakarta. Ada yang buka 24jam (di Wahid Hasyim dan Harmoni), sementara 7 outlet lain buka mulai pkl. 10:00 wib – 22:00 wib (di Tebet tempat saya mampir ini, Kota Tua, Pluit, SCBD, MKG1, Sunter, dan Kota Kasablanka).

Jadi kapan nih makan bareng saya di Padang Merdeka?

PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian
PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian
Dekorasi piring di salah satu sudut area smoking
PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian
Dinding dengan deretan tempat duduk untuk menunggu antrian
PADANG MERDEKA | Resto Dengan Hidangan Berkualitas dan Tampilan Kekinian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here